Orang Pandai Mengendalikan Diri Ternyata sering Berbohong!

Febi Anindya Kirana02 Mar 2019, 19:58 WIB
bohong

Fimela.com, Jakarta Mengetahui diri sendiri sedang dibohongi memang menyakitkan. Rasa percaya mungkin akan hilang setelah dibohongi, namun akui saja, setiap orang pasti pernah berbohong kan? Setiap orang berkata bohong setiap hari, bahkan orang yang tampak baik dan bisa membawa diri dan mengendalikan diri di berbagai situasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan bahwa orang yang pandai mengendalikan diri ternyata memiliki kecenderungan untuk berkata bohong. Terutama, kemampuan mengendalikan diri sangat dibutuhkan jika ingin mengatakan kebohongan dengan tenang dalam situasi yang kacau.

Mengapa begitu? Ternyata peneliti menemukan bahwa kemampuan kendali diri atau menahan diri juga berkaitan tentang menjaga citra diri yang baik di masyarat. Sedangkan tentu saja tidak ada orang yang sempurna luar dalam, sehingga kebohongan dibutuhkan untuk menciptakan citra diri yang baik.

Orang-orang dengan jabatan tinggi atau memiliki posisi yang diperhitungkan umumnya membutuhkan skill pengendalian diri yang baik untuk bisa mengatakan kebohongan yang halus. Sebaliknya, orang yang penuh emosi dan kurang bisa menahan diri, ternyata lebih jujur dalam mengekspresikan diri.