Grab Decacorn, Layanan SuperApp yang Bikin Kamu Punya ‘Asisten Pribadi’

Zaki Baldan03 Mar 2019, 07:56 WIB
Grab Decacorn, Layanan SuperApp yang Bikin Kamu Punya Asisten Pribadi

Fimela.com, Jakarta Kehidupan glamor para selebritis baik lokal maupun dunia selalu menarik untuk disimak, apalagi yang berkaitan dengan aktivitas pribadinya. Selalu memiliki jadwal yang sibuk, mereka selalu dikelilingi para asisten yang siap membantu kapan dan di mana saja. Mulai dari manager yang mengatur jadwal dari waktu ke waktu, supir yang siap mengantar ke berbagai tujuan kapan pun, asisten yang membawakan makanan dengan sigap, hingga menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari.

Tak perlu bermimpi tinggi-tinggi menjadi selebritis, karena kini ada Grab yang membuatmu serasa memiliki asisten pribadi. SuperApp terkemuka di Asia Tenggara ini menyediakan berbagai fitur yang menjadi solusi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile dan hiburan digital.

Untuk layanan transportasi misalnya ada pilihan ride-hailing yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, seperti GrabBike, GrabTaxi, GrabCar, hingga Sewa GrabCar. Sedangkan untuk pengiriman barang dan makanan, ada GrabExpress yang terjamin aman, GrabFood yang mengantar pesanan makanan dengan cepat, hingga GrabFresh yang bantu berbelanja sehari-hari.

Status Grab sebagai Everyday SuperApp semakin kuat berkat kerjasamanya dengan OVO sebagai pilihan pembayaran non tunai dan mengganti GrabPay menjadi OVO Cash yang juga bisa digunakan di merchant tertentu. Tak ketinggalan, startup yang dirintis tahun 2012 ini juga menggandeng HOOQ untuk menyediakan layanan video streaming dalam satu aplikasi.

Hal ini selaras dengan pencapaian Grab sebagai decacorn pertama dan satu-satunya dari Asia Tenggara. Decacorn sendiri merupakan sebutan yang diberikan pada startup yang memiliki valuasi 10 kali lipat dibandingkan unicorn. Jika unicorn mampu mencapai nilai US$1 miliar maka decacorn berhasil membukukan valuasi di atas US$10 miliar atau setara dengan Rp140 triliun.

Dibarengi dengan revenue yang didapat dan model bisnis yang menguntungkan, inilah yang kemudian menarik minta investor untuk menyuntikkan dana. Inilah yang membawa Grab naik level ke decacorn pada akhir tahun 2018 ucai mencapai valuasi US$11 miliar.

Walau sudah masuk ke tingkat yang lebih tinggi, Grab tak melupakan 3 poin andalannya, yaitu memberikan layanan berkualitas baik, paling terjangkau, dan efisiensi waktu yang terbukti dari berbagai fitur keren di satu aplikasi dan pelayanan terbaik yang diberikan oleh para mitra dan merchant. Ini merupakan bukti filosofi platform terbuka yang diusung Grab, sehingga mampu menyatukan mitra yang bergerak maju demi kehidupan yang lebih baik di Asia Tenggara.