Tiap Hari Ternyata Kamu Naik Layanan Startup Decacorn, Lho

Zaki Baldan03 Mar 2019, 12:01 WIB
Tiap Hari Ternyata Kamu Naik Layanan Startup Decacorn, Lho

Fimela.com, Jakarta Serunya punya teman yang selalu menemani setiap aktivitasmu. Nggak hanya rela mengantarkanmu ke mana pun tanpa pandang waktu, tapi juga mengantarkan makanan sesuai keinginanmu, bahkan membelanjakan barang-barang yang kamu butuhkan. Ya, Grab sudah jadi partner andalanmu sejak pertama kali beroperasi di Indonesia sejak tahun 2014.

Lebih mengejutkan lagi, Grab kini telah meraih level decacorn, istilah yang diberikan pada startup yang mencapai valuasi US$10 miliar atau 10 kali valuasi startup unicorn. Di akhir tahun 2018, Grab mengukuhkan diri sebagai startup pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara dengan valuasi sekitar US$11 miliar. Pencapaian ini yang membuat startup yang didirikan pada tahun 2012 ini masuk dalam jajaran elit bersama nama-nama besar lainnya Uber, Airbnb, SpaceX, dan Pinterest.

Status ini bukan hanya menjadi standar emas bagi keberhasilan startup, lho, tapi juga menjadi daya tarik bagi investor. Walau belum berhasil membukukan laba bersih, pendapatan dan model bisnis yang menguntungkan membuat para investor antri untuk menyuntikkan dana. Semakin besar modalnya, startup decacorn kian mampu melakukan inovasi teknologi dan meningkatkan kualitas layanan.

Pencapaian Grab sebagai decacorn ini menjadi awal yang luar biasa di tahun 2019. Selain mempertahankan 3 poin andalan yaitu layanan berkualitas baik, paling terjangkau, dan efisiensi waktu, Grab juga terus meningkatkan fitur-fitur baru sebagai SuperApp. Grab menawarkan solusi sehari-hari dengan memberikan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile dan hiburan digital dalam satu aplikasi.

Untuk layanan transportasi misalnya, Grab menawarkan 4 layanan ride-hailing yang dapat dipilih oleh penggunanya, mulai dari GrabCar, GrabTaxi, GrabBike, dan Sewa GrabCar. Sedangkan untuk pengiriman makanan dan barang ada GrabFood yang jadi penyelamat saat malas mencari makan di luar rumah, GrabExpress untuk pengiriman barang dan dokumen. Ditambah GrabFresh yang memudahkanmu untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Tak ingin tertinggal dari platform lainnya, Grab menggandeng OVO pada tahun 2018 sebagai pilihan pembayaran dalam penggunaan layanannya dan mengubah GrabPay menjadi OVO Cash. Sedangkan untuk hiburan digital, Grab membuat gerakan baru dengan menghadirkan layanan konten video streaming HOOQ bagi pengguna level Platinum.

Selain fitur-fitur baru, pencapaian Grab sebagai decacorn juga tak lepas dari filosofi platform terbuka yang digunakan Grab untuk menyatukan para mitra, demi hidup yang lebih baik bagi semua orang di Asia Tenggara. Beruntungnya kita yang bisa menikmati layanan Grab selevel decacorn.