Jangan Golput, Ini Alasan Mengapa Hak Suaramu Penting!

Nabila Mecadinisa04 Mar 2019, 13:00 WIB
Ilustrasi Pemilu 1(Liputan6.com/M.Iqbal)

Fimela.com, Jakarta Pemilu 2019 sudah dekat, sudahkah kamu menentukan hak pilihmu? Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang adalah momen sejarah bagi Indonesia. Pasalnya, suara kita sangatlah penting untuk menentukan siapa pemimpin bangsa ini selama 5 tahun ke depan.

Hingga saat ini, segala upaya dilakukan untuk mensosialisasikan visi dan misi dua kandidat calon presiden kita yang akan datang. Tapi apakah kamu sudah yakin, mana yang jadi pilihanmu saat menentukan suara di pemilu nanti? Jangan sampai, kurangnya informasi dan kurangnya rasa nasionalisme menjadikan kamu membuang hak suara secara sia-sia alias golput! Nah, simak di sini menga golput itu adalah hal yang dilarang.

1. Golput tidak akan menyelesaikan masalah

Banyak yang memilih golput akibat hilangnya rasa tidak perduli. Padahal dengan bersikap apatis, tentu tidak akan menyelesaikan masalah. Yang ada, kamu akan merasa rugi di kemudian hari. Jadi, tentukanlah pilihanmu untuk masa depan yang lebih baik.

2 of 2

Jangan Golput, Ini Alasan Mengapa Hak Suaramu Penting!

pemilu-ilustrasi-131024c.jpg
Ilustrasi pemilih surat suara.

2. Bisa menentukan pemimpin yang dapat diandalkan

Sebagai pemimpin negara tentu dituntut untuk mengatasi segala macam masalah dari masalah mikro hingga makro demi kelestarian bangsa. Jadi dengan memberikan hak suara kita, maka kita dapat menentukan siapa yang terbaik dan bisa diandalkan untuk bangsa ini. Bayangkan jika kita tidak memilih, maka selama 5 tahun ke depan kita pasti akan menyesal jika ternyata orang yang mempin Indonesia adalah sosok yang tidak tepat.

3. Kita akan merasakan efek langsung

Pemimpin yang kita pilih pasti akan membuat kebijakan-kebijakan yang berdampak langsung dalam kehidupan. Salah satu contoh yang paling umum adalah dalam bidang perekonomian dan juga pembangunan. Pemimpin yang baik tentu akan berupaya untuk menjadikan rakyatnya terjamin dan makmur.

4. Hak suara yang bisa disalahgunakan

Ini hal yang harus dihindari. Saat nama kita sudah terdaftar sebagai pemberi suara, maka kita akan memiliki jatah surat suara untuk menuangkan aspirasi kita. Jadi, saat tidak digunakan maka surat suara tersebut akan terbuang sia-sia dan bisa saja disalahgunakan oleh oknum lain untuk kepentingannya tersendiri. Sangat merugikan bukan?

5. Dilarang mengeluh

Saat kamu tidak menggunakan hak suara ddengan baik, berarti kamu tidak boleh mengeluh atas kebijakan yang ada selama masa kepemimpinan presiden baru hingga lima tahun mendatang. Hal ini disebabkan kamu tidak menggunakan hak pilih dan tidak berkontribusi pada pembangunan negara ini.

Setelah mengetahui dampak apa yang terjadi sata memilih golput, apakah kamu masih enggan untuk menentukan siapa pilihanmu pada tanggal 17 April 2019 nanti?

Lanjutkan Membaca ↓