Sukses

Lifestyle

6 Tips Ampuh Masuk Universitas Top Dunia Seperti Harvard atau Oxford

Fimela.com, Jakarta Maudy Ayunda bikin heboh dunia maya dengan kegalauannya untuk melanjutkan pendidikan Magister. Setelah lulus dengan predikat cumlaude dari Universitas Oxford, Maudy Ayunda siap melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Hebatnya, penyanyi yang satu ini diterima meneruskan pendidikan magister di dua universitas top dunia, yakni Harvard dan Standford.

Untuk bisa diterima di universitas top, seperti Maudy Ayunda memang bukan hal yang mudah. Selain harus memiliki latar belakang akademis yang baik, kamu juga harus memenuhi beberapa syarat. Fimela telah merangkum tips ampuh dari Time Higher Education pada Selasa (5/3/2019) agar bisa diterima kuliah di universitas ternama.

1. Mendaftar

Tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar. Setiap tahun universitas top dunia sekelas Harvard, Oxford, Stanford, dan Cambridge mendapatkan banyak calon mahasiswa potensial untuk kuliah di sana. Pastikan jurusan yang dipilih memang sesuai dengan yang diinginkan. Ketertarikan seseorang akan jurusan yang dipilih bisa dilihat dari cara orang tersebut mendaftar beserta esai yang dibuat.

2. Nilai yang bagus

Untuk diterima di universitas top dunia memang harus memiliki nilai yang bagus. Sebelum diterima, setiap calon mahasiswa akan dilihat latar belakang nilai ujian yang ia dapat dari bangku SMA dan beberapa tes tambahan dari tempat kursus. Selain itu, beberapa universitas akan membutuhkan hasil tes tambahan, seperti ketergantungan obat, perilaku hukum yang baik dan tes penerimaan berpikir kritis.

Hasil tes ini tidak akan menjadi acuan utama untuk menentukan diterima atau tidak. Hasil tes nantinya akan dibandingkan dengan formulir pendaftaran yang diajukan. Jika hasilnya lebih rendah dari yang seharusnya, pihak selektor akan mempertanyakan dan kamu diwajibkan untuk menjawa dengan jelas.

3. Pengetahuan

Beberapa universitas top di Amerika sangat selektif dan mencari mahasiswa lebih dari sekedar nilai yang bagus. Mereka mencari mahasiswa yang memiliki pengetahuan luas dan memiliki kemampuan di luar akademis yang bisa membuat pengalaman universitas menjadi berkembang. Seperti keahlian di bidang olahraga, organisasi, lingkungan hidup, dan masih banyak lagi. Jika kamu memiliki prestasi unik di luar sekolah akan memberikan nilai tambah.

 

Tips kuliah di universitas top dunia

4. Menunjukkan ketertarikan pada universitas

Ketika sudah memilih jurusan yang ingin dituju di sebuah universitas top dunia, kamu harus meyakinkan selektor bahwa kamu benar-benar serius dan bersemangat untuk menjalani kuliah tersebut. Keseriusan ini bisa ditunjukkan ketika sesi wawancara atau melalui esai yang biasanya dilampirkan pada formulir pendaftaran.

5. Menjadi diri sendiri

Di satu sisi memang kamu harus membuat kesan yang baik secara akademis. Namun jangan berlebihan. Selektor bisa mengetahui apakah ada kesan yang dilebih-lebihkan atau tidak. Misalnya, jika memang belum pernah memenangkan lomba akademik apapun, jangan mengaku hal tersebut pada selektor. Promosikan diri sesuai dengan kapabilitas.

6. Terorganisir

Biasanya pendaftaran harus sudah dilakukan sebelum November. Artinya, sebelum November semua persyaratan harus sudah siap. Sehingga penting untuk mengatur waktu yang tepat agar semua berkas dan persyaratan bisa dilengkapi dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading