Percaya Diri Hingga Mandiri, Ini Kepribadian Menarik dari Anak Tunggal

Mimi Rohmitriasih06 Mar 2019, 13:15 WIB
Kepribadian

Fimela.com, Jakarta Anak sulung, anak tengah, anak bungsu atau anak tunggal, yang mana dirimu Sahabat Fimela? Para ahli percaya jika urutan lahir bisa mempengaruhi karakter atau kepribadian seseorang. Kepribadian itu sendiri sangat menarik dan pastinya berbeda antara satu dengan lainnya.

Bicara mengenai kepribadian, kali ini Fimela punya fakta menarik dengan kepribadian anak tunggal. Melansir dari laman merdeka.com, anak tunggal identik dengan sifat manja karena perhatian orangtua serta keluarga yang hanya terpusat padanya. Anak tunggal juga dianggap sebagai anak yang bersifat posesif tapi juga terbatasi ruang gerak serta ekpresinya.

Para ahli mengungkapkan jika anak tunggal memiliki sifat-sifat umum. Sifat tersebut mulai dari penuh percaya diri dan mandiri. Kepercayaan diri anak tunggal dikatakan lebih inggi jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki keluarga atau saudara kandung lebih dari satu. Perhatian orangtua yang benar-benar penuh lah yang membuat mereka sangat percaya diri.

Kepribadian
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Mengutip dari laman New Kids Center, anak tunggal juga dikenal sebagai pribadi yang begitu mementingkan privasinya. Ia cenderung perfeksionis dan tak ingin orang lain tahu secara mendalam apa yang ada dalam dirinya. Karena sifat inilah, tidak sedikit anak tunggal yang akhirnya menjadi pribadi introvert. Bagi anak yang tunggal yang ekstrovert, mereka tetap membutuhkan ruang untuk sendiri dan jauh dari orang lain.

Beberapa penelitian menyebutkan jika anak tunggal juga sangat mungkin menjadi pribadi yang penuh prestasi. Ini didukung oleh orangtua yang selalu mengusahakan yang terbaik buatnya. Dibandingkan dengan anak lain, penelitian menemukan jika anak tunggal lebih bisa meraih prestasi terbaiknya baik di sekolah, perguruan tinggi hingga tempat kerjanya.

Apakah dirimu yang anak tunggal juga memiliki kepribadian seperti di atas? Kepribadian tak hanya ditentukan dari kelahiran saja tetapi juga dari banyak hal lainnya.