Alasan Pentingnya Lakukan Pendinginan Saat Olahraga

Annissa Wulan09 Mar 2019, 16:00 WIB
Ilustrasi olahraga

Fimela.com, Jakarta Jangan menyepelekan rutinitas pemanasan sebelum dan pendinginan setelah olahraga. Tahukah kamu bahwa rutinitas pendinginan sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri?

Dilansir dari purewow.com, Rabu (7/3/2019), berikut ini adalah beberapa alasan pendinginan dianggap sebagai rutinitas yang sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Penasaran?

1. Tubuhmu membutuhkannya

Kamu tidak melakukan olahraga tanpa pemanasan kan? Logika yang sama harus diterapkan untuk pendinginan.

Setelah olahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya dan suhu tubuh akan menjadi lebih tinggi. Jika kamu berhenti secara tiba-tiba risiko semakin besar untuk merasa pusing, bahkan pingsan.

Untuk mengurangi efek ini, secara perlahan-lahan turunkan detak jantung dengan mempertahankan aktivitas, namun kecepatan yang lebih lambat. Lengkapi rutinitas pendinginanmu dengan meregangkan otot-otot untuk membantu mencegah kram setelah olahraga.

 

Tubuh perlu pengisian kembali dan waktu untuk pemulihan

olahraga
ilustrasi olahraga/copyright Pexels/mentatdgt

2. Tubuhmu membutuhkan pengisian tenaga kembali

Setelah olahraga yang berat, tubuh mencari elektrolit dan vitamin untuk mengisi dan membangun kembali otot. Kuncinya adalah mendapatkannya dalam waktu 30 menit.

3. Tubuh butuh dipulihkan

Istrirahat dan pemulihan sangat penting bagi kamu yang baru saja melakukan olahraga. Otot memerlukan waktu untuk memperbaiki dan membangun kembali setelah olahraga, setidaknya beri satu sampai dua hari istirahat.

Lanjutkan Membaca ↓