Sukses

Lifestyle

Selain Enak Dimakan, Ini Kandungan Nutrisi dari Daun Kemangi

Fimela.com, Jakarta Seperti yang diketahui, kemangi memang sering dijadikan sebagai pelengkapan masakan. Wanginya yang khas pun juga menjadi daya tari makanan terasa lebih nikmat dan sedap.

Namun dibalik itu, daun kemangi mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam daun kemangi segar pun terkandung air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta serat. Tidak hanya itu, daun kemangi juga mengandung nutrisi penting lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, B, C, dan K, meskipun dalam jumlah yang sedikit. 

Banyaknya nutrisi yang terkandung, dikutip dari Alodokter, berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi daun kemangi:

Menyehatkan sistem pencernaan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung. Selain itu, manfaat daun kemangi juga bisa menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Mampu mengatasi jerawat

Minyak daun kemangi dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat. Sebuah penelitian mengungkapkan, minyak daun kemangi yang sudah dicampurkan dengan bahan tertentu, seperti ekstrak jeruk, asam salisilat, dan asam asetat, mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Mencegah stres

Daun kemangi diketahui memiliki zat yan berguna untuk membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres. Selain itu, zat alami ini juga berperan untuk membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks, membantu mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu tubuh tidak cepat lelah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading