Sukses

Lifestyle

5 Sajian Lezat yang Bisa Dibuat dengan Petai, Cobain Semua yuk!

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang doyan banget sama petai? Atau mungkin ada anggota keluarga yang memang penggemar petai? Kadang kita sering bingung ketika akan mengolah petai. Tapi ada banyak sajian lezat yang bisa dibuat dengan petai.

Umumnya petai paling bisa diolah dengan cita rasa pedas. Dikombinasikan dengan berbagai bahan dan bumbu lainnya pun bisa membuat petai makin menggugah selera. Berikut sejumlah rekomendasi sajian lezat yang bisa diolah dengan petai.

1. Sambal Tempe Petai

Sambal tempe petai sudah bisa bikin kita menambah banyak porsi nasi dalam sekali makan. Tempe dan petai dapat diolah dengan bumbu sambal yang terdiri dari cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, gula, dan kaldu ayam bubuk secukupnya. Dengan ditumis, aromanya pun sudah sangat menggugh selera.

2. Udang Petai Bumbu Balado

Udang petai bumbu balado ini sangat sedap. Udang yang sudah dicuci bersih bisa diolah dengan petai, lengkuas, daun jeruk, jahe, buah tomat, dan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit, garam, dan penyedap rasa. Dengan bumbu balado yang pedas, petai makin nikmati disantap bersama udang.

3. Kikil Cabai Ijo Campur Petai

Kikil cabai ijo campur petai juga sangat nikmat. Dagin kikil sapi yang sudah dibersihkan dan direbus sampai matang bisa diolah dengan petai, lengkuas, jahe, serai, dan daun jeruk. Pakai bumbu tumis yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai hijau besar, cabai rawit, tomat, gula, garam, penyedap rasa, dan kecap kita sudah bisa menikmati hidangan kikil yang lezat.

 

4. Sambal Petai Teri Medan

Mau bikin sambal petai yang nikmat? Bikin saja sambal petai teri medan. Dengan gula merah, cabai rawit, cabai keriting, bawang putih, bawang merah, tomat merah, dan garam kita sudah bisa membaut sambal petai yang lain dari biasanya.

5. Tumis Ati Ampela Petai

Tumis ati ampela petai juga enak banget. Daging ati ampela yang sudah dicuci bersih dan direbus sampai empuk dapat diolah dengan bumbu daun salam, daun serai, lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabai keriting, kecap manis, saust tiram, garam, dan merica serta air secukupnya. Kalau bosan dengan samba petai biasa, diolah dengan daging ati ampela sudah bisa membuatnya jadi hidangan istimewa.

Ada banyak sajian dan olahan lezat yang bisa dibuat dari petai. Dari menu-menu di atas, mana nih yang kira-kira bakal jadi favoritmu? Atau punya ide lain untuk membuat olahan dari petai yang lezat?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading