Orang Menikah Punya Sikap Lebih Tenang, Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana06 Mar 2019, 15:48 WIB
menikah

Fimela.com, Jakarta Pernikahan bukan hanya menjadi momen bahagia sesaat yang dirayakan banyak orang, namun juga menjadi awal besar perubahan dalam hidup seseorang. Ada banyak perubahan yang mungkin dirasakan pasangan yang menikah, salah satunya adalah sikap yang lebih tenang.

Penelitian yang dilakukan peneliti Dr Christopher Fagundes di Ohio State University menemukan bahwa pasangan menikah sangat kecil kemungkinan terlibat atau melakukan tindakan-tindakan berisiko bahaya tinggi dibanding mereka yang tidak menikah, seperti melakukan tindak kriminal atau tindakan kasar di depan publik.

Dengan kata lain, orang yang menikah memiliki kendali diri yang baik serta punya sikap yang lebih tenang dalam menghadapi berbagai hal dibandingkan saat ia masih single atau dibandingkan mereka yang tidak menikah. Peneliti mengobservasi kecenderungan orang-orang yang menikah dalam melakukan hal-hal berbahaya, dan ternyata pernikahan banyak memberi pengaruh perubahan sikap dan kebiasaan sehari-hari seseorang.

Alasannya cukup sederhana, orang yang menikah sadar bahwa ia memiliki seseorang atau orang-orang yang perlu dilindungi, membutuhkan dan bergantung padanya, sehingga menjaga diri adalah mindset utama yang dipegangnya. Ia tahu keluarganya adalah bagian penting hidupnya. Oleh karena itu, orang yang menikah tak bisa sembarangan bertindak.

Pernikahan mungkin meragukan bagi banyak orang, namun perubahan baik tentu akan didapatkan jika bisa memandang pernikahan bukan sebagai penghalang, namun jalan menuju diri yang lebih baik.