5 Resep Acar Pilihan yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Endah Wijayanti07 Mar 2019, 11:16 WIB
acar

Fimela.com, Jakarta Acar bisa jadi lauk pelengkap untuk menambah nafsu makan. Kesegaran acar pun bisa bantu mengatasi rasa eneg saat kebanyakan mengonsumsi makanan yang terlalu bersantan atau berbumbu kental.

Biasanya kita membuat acar dari mentimun, tapi ada banyak resep dan kreasi acar yang bisa kita buat untuk dinikmati di rumah. Untuk selengkapnya, yuk simak infonya berikut ini. Agar setelah ini bisa langsung mencoba membuatnya sendiri di rumah.

1. Acar Wortel Lobak ala Korea

Pernah kebayang nggak membuat acar dari wortel dan lobak? Acar wortel lobak ala Korea ini memiliki cita rasa manis dan asam. Cukup menggunakan bahan gula pasir, cuka apel, dan garam kita bisa membuat acar wortel lobak yang menyegarkan. Paling pas disantap setelah didiamkan di dalam kulkas.

2. Acar Nyonya

Acar nyonya ini beda dari lainnya. Sebab menggunakan bumbu yang cukup komplit dan kaya rasa. Mentimun, wortel, kubis, dan nanas yang digunakan membuat rasa acar ini sangat menyegarkan dan kaya air. Acar nyonya ini pun sudah bisa jadi lauk yang pas untuk dinikmati dengan berbagai lauk dan menu lainnya.

3. Acar Lobak Kuning

Pernah nonton drama Korea atau acara Korea yang menampilkan anggota atau aktornya makan lobak kuning? Acar lobak kuning yang disebut danmuji ini ternyata bisa kita buat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dipakai pun sangat mudah ditemukan, antara lain lobak, air, daun bay, cuka, gula pasir, dan kunyit parut. Lobak yang sudah diiris tipis bisa direbus hingga mendidih dengan semua bahan tersebut, untuk kemudian disiampan dalam wadah tertutup. Setelah uapnya hilang bisa disimpan dalam kulkas dan dinikmati kapan saja.

 

Ilustrasi Acar
Ilustrasi acar. (iStock)

4. Acar Timun Jepang

Bahan untuk membuat acar yang satu ini beda dari acar kebanyakan. Untuk membuat acar timun Jepang, kita membutuhkan mentimun jepang, garam, dan jahe yang sudah diiris tipis. Cita rasa jahe yang khas dengan aroma yang kuat membuat acar yang satu ini memberikan rasa yang unik.

5. Acar Timun, Wortel, Nanas

Ini adalah jenis acar yang paling umum dan mungkin yang paling sering kita konsumsi. Buah mentimun, wortel, dan nanas dibuat acar dengan bawang merah, air matang, air cuka, dan garam. Bisa disajikan dan dinikmati dengan berbagai macam lauk. Rasanya yang asam dan manis memberikan kesegaran tersendiri pada setiap makanan atau lauk yang kita nikmati.

Ada banyak ragam acar yang bisa kita buat sendiri di rumah. Dari macam-macam acar di atas, adakah yang jadi favoritmu? Atau mungkin punya resep acar andalan sendiri, nih?