Selamat Hari Perempuan Sedunia, Saatnya Membuat Perubahan

Ayu Puji Lestari08 Mar 2019, 10:20 WIB
Women's Day

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 8 Maret, dunia memperingati Woman's Day atau Hari Perempuan Sedunia. Tahun ini Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memiliki tema berbeda untuk merayakan International Women's Day 2019 yaitu “Think equal, build smart, innovate for change". Sementara itu IWD mengambil tema #BalanceforBetter dengan tujuan melanjutkan tantangan yang mendatang dan mempercepat paritas gender. Tema ini mangajak para perempuan di seluruh dunia untuk mempercepat perwujudan keseimbangan gender baik dalam bisnis, politik, liputan media, dan kekayaan di seluruh dunia.

Tema ini berfokus pada cara inovatif untuk memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, khususnya di bidang sistem perlindungan sosial, akses ke layanan publik dan infrastruktur berkelanjutan.

Melalui kampanye #BalanceforBetter diharapkan ruang publik yang lebih ramah dengan kesetaraan gender, pemerintahan yang lebih setara, liputan media yang tidak tendensius kepada perempuan, dan keseimbangan hak antara karyawan pria dan perempuan. Jika kita melakukan bersama maka segalanya akan berjalan dengan mudah.

Sejarah mencatat awal mula tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia yaitu di tahun 1908. Sekitar 15.000 perempuan berbaris (march) di sepanjang jalanan kota New York pada tanggal 28 Februari 1908. Perempuan-perempuan ini menyadari adanya ketimpangan yang mereka alami soal pemberlakuan jam kerja, upah dan fasilitas yang berbeda yang didapatkan pekerja perempuan dengan laki-laki. Di hari yang sama, di tahun-tahun berikutnya, para perempuan mengadakan protes yang didukung oleh partai sosialis Amerika. Mereka mengadakannya di hari Minggu terakhir setiap bulan Februari hingga tahun 1913 dan akhirnya konsensus memutuskan tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia.

Peringatan Hari Perempuan Sedunia bukan hanya sekadar perayaan biasa. Bukan untuk mengampanyekan tagar di social media. Seharusnya peringatan Hari Perempuan Sedunia bukan sekadar selebrasi biasa. Perempuan hebat jika bersatu, karena kemerdekaan satu perempuan berarti kemenangan bagi seluruh perempuan. Happy International Women’s Day, we’re strong as hell.