5 Tips Membuat Pempek Kenyal tapi Tidak Keras

Febi Anindya Kirana08 Mar 2019, 13:15 WIB
pempek

Fimela.com, Jakarta Mencoba berbagai makanan khas nusantara memang tak ada habisnya, salah satunya adalah makanan khas Palembang yang sudah melegenda dan banyak dikenal, yaitu pempek. Meski tampaknya sudah banyak resep yang bisa dicari dan dipraktekkan sendiri di rumah, namun beberapa orang mengalami kesulitan membuat pempek enak karena hasilnya yang alot atau keras serta terlalu liat.

Ternyata, membuat pempek memang ada teknik dan trik khususnya agar bisa menghasilkan pempek empuk dan mudah dimakan. Ini tips membuat pempek agar tetap kenyal tapi tidak keras.

1. Daging ikan segar

Gunakan hanya ikan segar dan dingin sebagai bahan utama. Bukan hanya mengurangi bau amis, namun juga menjaga kualitas rasa pempek. Gunakan ikan yang dingin atau telah dimasukkan kulkas. Ikan segar dan dingin akan menghasilkan tekstur kenyal pada pempek.

2. Tepung sagu yang baru

Pakai tepung sagu yang baru dan berkualitas, salah stau cirinya adalah berwarna putih bersih dan tidak bau apek. Jangan sampai tertukar dengan tepung tapioka, meski sama-sama memberi tekstur kenyal tapi tidak sama hasilnya.

 

Tips membuat pempek tidak keras

3. Perbandingan bahan yang tepat

Pastikan ukuran dan perbandingan bahannya tepat, ikan giling dan ikan utuh berbeda beratnya. Ikan yang biasanya dipakai seperti tenggiri, belida atau kakap. Timbang saat sudah digiling. Umumnya, perbandingan tepung sagu dan ikan adalah 1:1. Terlalu banyak tepung akan membuatnya keras dan liat.

4. Air es

Untuk membuat adonan pempek kenyal, gunakan air es untuk campuran tepung dan ikan giling. Air es juga membuat kedua bahan ini tercampur lebih baik dan menyatu.

5. Jangan diuleni

Tak perlu menguleni pempek, karena justru akan membuatnya liat. Cukup campur adonan hingga tercampur begitu saja. Jangan terlalu sering diaduk.

Itu dia sekian tips membuat pempek yang empuk, kenyal tapi tidak keras.

Lanjutkan Membaca ↓