Mengenal 5 Penemuan yang Membantu Perempuan Hebat untuk Memudahkan Hidupnya

Ayu Puji Lestari08 Mar 2019, 14:45 WIB
Women's Day

Fimela.com, Jakarta Hari ini adalah peringatan International Women's Day. Sebagai perempuan hebat, kita perlu berterimakasih atas penemuan yang memudahkan hidup kita. Dari internet hingga sepeda, berikut ini adalah 5 inovasi penemuan yang mengubah kehidupan perempuan di dunia. Here we go!

1. Hippo Roller

Tidak semua orang mendapat akses memeroleh air bersih. Menurut data UN Women, saat ini 2,1 miliar orang - sekitar 30 persen dari populasi dunia - tidak memiliki akses ke air yang aman dan tersedia di rumah. Bagi beberapa perempuan, tugas mengambil air adalah tanggung jawab perempuan.

Keadaan inilah yang menginspirasi inovasi Hippo Roller ini. Peningkatan risiko kekerasan dalam perjalanan panjang yang sering berbahaya untuk mengambil air, dan waktu yang diambil dari kegiatan lain, seperti pekerjaan yang menghasilkan pendapatan dan sekolah seringkali harus ditanggung oleh para perempuan ini.

Dua orang Afrika Selatan pada awal 1990-an menciptakan Aqua Roller, yang sekarang dikenal sebagai Hippo Roller. Wadah drum berbentuk tong portabel yang berguling-guling di tanah, Hippo Roller dapat mengangkut air hingga lima kali lebih banyak daripada satu ember. Sampai saat ini, penemuan ini telah mengubah kehidupan setengah juta orang di lebih dari 20 negara. Dengan teknologi ini, para perempuan lebih memiliki banyak waktu untuk mengembangkan dirinya.

2. Sepeda

Penemuan kedua yang tidak kalah penting adalah sepeda. Menurut Susan B. Anthony, seorang aktivis dari Amerika menyebutkan sepeda memberi perempuan kebebasan, dan mengubah streeotip seputar kekuatan perempuan.

Penemuan sepeda juga menjadi penanda kebebasan bagi perempuan. Penemuan ini menginspirasi Annie Londonderry, seorang imigran Latvia ke Amerika Serikat, menantang persepsi feminitas yang berlaku dengan menjadi perempuan pertama yang berkeliling dunia dengan sepeda dari tahun 1894 hingga 1895.

Internet adalah penemuan yang hebat

[Fimela] International Women's Day 2019
Ilustrasi Internasional Women's Day | unsplash.com

3. Internet

Internet menghubungkan kita semua. Tidak hanya itu internet juga membantu perempuan untuk menyuarakan pendapatnya. Beberapa kampanye untuk kesetaraan dan perjuangan perempuan berhasil dilakukan karena internet. Mulai dari #MeToo hingga #NiUnaMenos berhasil disuarakan dengan lantang karena adanya internet.

4. Pembalut

Pembalut atau sanitary pad adalah penemuan penting bagi perempuan. Coba bayangkan jika kamu harus memakai wol, lumut, kulit binatang, kain tua, koran, atau sabuk sanitasi untuk menstruasimu? Tentu tidak nyaman dan dapat membahayakan kesehatan.

Penemuan sanitary pad meningkatkan kebersihan dan kesehatan perempuan dan anak perempuan, kehadiran di sekolah, mata pencaharian dan peluang ekonomi. Sayangnya kesempatan untuk memakai sanitary pad ini tidak diterima oleh beberapa perempuan, karena faktor diskriminasi dan faktor budaya yang mengekang mereka.

5. Celana

Celana untuk perempuan adalah penemuan yang baik. Coba bayangkan betapa susahnya harus beraktivitas dengan pakaian yang berat dan gaun yang menjuntai? Maka penemuan celana untuk perempuan adalah penemuan yang praktis bagi kehidupan perempuan.

Ketika jutaan perempuan dituntut dalam dunia kerja, perancang Prancis Coco Chanel mengguncang dunia mode dengan meletakkan membuat setelan jas untuk perempuan. Celana bagi perempuan tidak hanya sekadar pakaian saja, namun juga kemudahan akses bagi perempuan untuk bekerja.

Sahabat Fimela, demikian 5 penemuan besar bagi perempuan yang mendukung hak dan kesetaraan gender. We are all unique, strong and beautiful in our own way, happy international women's day.

Lanjutkan Membaca ↓