Sukses

Lifestyle

Uni Eropa dan UN Women Bekerja Sama Mendorong Pemenuhan Hak Ekonomi Perempuan di Asia

Fimela.com, Jakarta Uni Eropa dan UN Women hari ini meluncurkan program tiga tahun WeEmpower Asia untuk mendorong sektor swasta dalam mengembangkan partisipasi ekonomi dan kesempatan bisnis perempuan di tujuh negara Asia: China, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Dengan dukungan Uni Eropa, UN Women akan melaksanakan program 8 Juta Euro yang bertujuan untuk mengintegrasikan gender ke dalam praktik bisnis di kawasan Asia. WeEmpower Asia akan mempromosikan dialog antara kelompok perempuan, sektor publik, dan swasta sehingga terbentuk lingkungan bisnis yang mendukung pemberdayaan perempuan; meningkatkan kapasitas perempuan wirausaha untuk menjalin hubungan bisnis dengan para pengusaha, pembuat kebijakan dan pengambil keputusan; serta mendukung perusahaan untuk mengimplementasikan Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan (Women’s Empowerment Principles).

“Pemberdayaan ekonomi perempuan adalah prasyarat untuk pertumbuhan ekonomi yang adil dan inklusif. Pemberdayaan ekonomi perempuan dapat mendorong kesetaraan gender dan memberikan manfaat yang lebih luas, bagi perempuan, anak-anak mereka, rumah tangga dan komunitas. Perempuan yang berdaya secara ekonomi, memiliki akses yang lebih luas terhadap aset ekonomi dan pendapatan, serta kontrol yang lebih besar atas keuntungan ekonomi dan dapat mengambil keputusan yang lebih adil sehingga keuntungan tersebut memberikan manfaat secara sosial, ekonomi dan kesehatan untuk diri mereka sendiri, keluarga dan masyarakat,” ungkap Duta Besar Mara Marinaki, EU Principal Advisor on Gender.

Anna-Karin Jatfors, Regional Director a.i. UN Women Asia Pacific, mengatakan: “Perempuan memberikan kontribusi kepada perekonomian di kawasan Asia. WeEmpower Asia akan menciptakan kemitraan transformatif antara perusahaan swasta, perempuan wirausaha dan perempuan pengusaha, serta pembuat kebijakan untuk mendorong perubahan sosial. Hal ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi perempuan, tetapi juga kepada masyarakat dan ekonomi secara keseluruhan.”

Uni Eropa dan UN Women saat ini sedang berkerja sama melaksanakan program pemberdayaan ekonomi perempuan di Amerika Latin dan Karibia, serta G7, yaitu: program Win-Win – Gender Equality Means Good Business dan WeEmpower – Promoting Economic Empowerment of Women at Work through Responsible Business Conduct. Program-program tersebut dan WeEmpower Asia yang diluncurkan hari ini merupakan komitmen nyata Uni Eropa untuk mencapai kesetaraan gender, serta respon atas pergerakan global yang mengajak perusahaan, pemasok, dan pelanggan untuk bekerja sama dalam memperkuat partisipasi dan suara perempuan di tempat kerja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading