Sukses

Lifestyle

Faktor Utama Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Fimela.com, Jakarta Tumbuh kembang anak merupakan hal yang menjadi perhatian utama orang tua. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses yang berbeda namun keduanya saling berkaitan satu sama lain.

Pertumbuhan merupakan proses yang bersifat kuantitatif sehingga dapat diukur dengan menggunakan satuan panjang, satuan berat, dan ukuran kepala. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks, bersifat kualitatif, pengukuran dalam dilakukan menggunakan skrining perkembangan.

Tumbuh kembang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu daridalam diri anak itu sendiri dan dari faktor lingkungan sekitarnya terutama masa tiga tahun pertama.

Dr. Anjar Setiani, SpA, dokter spesialis anak di RSIA Kemang Medical Care mengatakan masa tiga tahun pertama ini merupakan masa yang sangat penting bukan hanya pada pertumbuhan fisik seorang anak tetapi juga pada perkembangan kecerdasan dan keterampilan motorik, mental, sosial dan emosional.

Faktor utama tumbuh kembang anak

Salah satu faktor utama yang mendukung tumbuh kembang anak adalah nutrisi, selain mempengaruhi pertumbuhan juga mempengaruhi perkembangan otak, dan ASI (Air Susu Ibu) adalah nutrisi yang terbaik untuk perkembangan otak manusia.

"Menyusui akan meningkatkan hubungan atau ikatan batin antara ibu dan anak. Keberhasilan seorang Ibumenyusui agar kegiatan Laktasi dapat berhasil hingga jangka waktu minimum dua tahun dapat dicapaimelalui faktor-faktor manajemen diri yang akan berpengaruh kuat pada kesejahteraan," ujarnya dalam siaran pers 'Rayakan Hut Satu Dekade RSIA Kemang Medical Care'.

Sebagai pelopor laktasi di Indonesia, RSIA Kemang Medical Care memiliki misi yang berfokus pada kegiatan preventif, yaitu mendirikan rumah tumbuh kembang yang terintegrasi untuk menyiapkan generasi yang berkualitas, sertamenyelenggarakan program screening kandungan sejak dini untuk menekan angka prematur, gizi seimbang, dan mencetak generasi yang berprestasi.

"Sekarang seluruh pelayanan KMC saling berintergritas dan terkait sehingga semua bayi yang lahir terpantau kesehatan dan tumbuh kembangnya," papar Musjwirah Jusuf Kalla, Direktur Utama PT Sarana Mediktama Kemang

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading