Berdasar Golongan Darah, Ini Orang yang Ingatannya Kuat dan Rentan Pikun

Mimi Rohmitriasih14 Mar 2019, 12:23 WIB
Kepribadian

Fimela.com, Jakarta Seiring dengan bertambahnya usia, tidak sedikit orang yang akan mengalami penurunan daya ingat. Namun Sahabat Fimela, tidak menutup kemungkinan bagi setiap orang memiliki ingatan yang sangat tajam hingga usianya senja kelak.

Mengenai ingatan ini, melansir dari laman prevention.com, tajam tidaknya ingatan seseorang bisa dipengaruhi oleh golongan darahnya. Para ahli mengungkapkan jika golongan darah berperan penting dalam menjaga kesehatan seseorang termasuk kesehatan otak. Para astrolog juga mengungkapkan jika golongan darah bisa mempengaruhi kepribadian, sikap dan karekter seseorang.

Penelitian yang dilakukan para ahli di Universitas Vermnont menemukan jika orang-orang yang bergolongan darah O akan memiliki ingatan yang super tajam hingga usianya senja. Sementara itu, orang yang bergolongan darah AB akan rentan pikun atau mengalami demensia dan alzheimer.

2 of 2

Penelitian Dilakukan Pada 30.000 Partisipan

Penelitian yang dilakukan pada 30.000 partisipan usia di atas 35 tahun ditemukan bahwa orang yang bergolongan darah O memiliki daya ingat yang baik. Sedangkan orang yang bergolongan AB lebih sulit mengingat kejadian jangka pendek maupun panjang.

Peneliti menemukan jika orang dengan golongan darah AB memiliki kadar faktor VIII (protein yang membantu penggumpalan darah) lebih tinggi dibandingkan orang dengan golongan darah lain. Faktor VIII ini sendiri bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami masalah memori, mengingat juga kemampuan kognitif.

Meski begitu Sahabat Fimela, golongan darah saja bukan satu-satunya hal yang mempengaruhi daya ingat seseorang ke depannya. Ada banyak hal yang juga berpengaruh terhadap daya ingat. Hal tersebut mulai dari pola hidup sehat, asupan nutrisi, olahraga dan istirahat cukup. Daya ingat yang tajam juga perlu didorong dengan pikiran yang tenang atau jauh dari stres pun depresi.

Lanjutkan Membaca ↓