Tips agar Vla Puding Buatan Sendiri Tidak Menggumpal

Febi Anindya Kirana15 Mar 2019, 12:19 WIB
vla puding

Fimela.com, Jakarta Meski memang puding sudah enak dinikmati begitu saja, tapi akan lebih lengkap jika puding ditemani oleh saus vla yang manis dan lembut. Ketika belajar membuat puding, banyak orang juga perlu belajar membuat saus vla yang kental namun lembut dan pas dengan puding.

Sayangnya, beberapa orang gagal membuat vla sendiri di rumah. Meski memang ada vla kemasna yang siap pakai dan lebih praktis, namun ada alanya orang penasaran untuk bisa membuat vla sendiri. Kendala yang sering terjadi adalah vla menggumpal, tidak halus dan lembut.

Apa yang salah? Beberapa alasan vla puding menggumpal bisa jadi terletak pada kesalahan memasukkan dan mengaduk bahan.

  • Pertama, yang perlu diperhatikan adalah tepung.

Larutkan tepung lebih dulu dengan air sebelum menanaknya hingga mendidih. Jika merebus air lebih dulu, baru memasukkan tepung ke dalam air panas, maka akan timbul tepung yang bergerindil dan menggumpal, karena tidak tercampur dengan sempurna. Larutkan semua bahan dalam keadaan suhu ruangan

  • Campurkan dulu susu dan gula hingga larut.

Kemudian larutkan tepung maizena dengan air secukupnya lalu tuangkan ke dalam larutan susu dan gula. Aduk lagi hingga tercampur rata. Terakhir, masukkan kuning telur dan aduk cepat. Setelah itu masak sambil diaduk terus hingga mengental.

Itu dia tips agar vla puding tidak menggumpal saat membuat sendiri di rumah. Semoga bermanfaat ya!