Begini Tips Mengolah Sashimi Agar Tak Amis

Ivana Okta19 Mar 2019, 08:31 WIB
salmon

Fimela.com, Jakarta Bagi penggemar masakan Jepang, sushi dan sashimi pasti termasuk dalam list favorit. Sashimi adalah irisan tipis daging ikan salmon atau tuna yang disajikan dengan bumbu pelengkap seperti kecap asin, wasabi, dan lainnya.

Mengolah sashimi tak boleh sembarangan lho Sahabat Fimela. Ini agar daging mentah yang dimakan tidak terasa amis atau berlendir. Berikut ini adalah tips memasak yang bisa diikuti agar sashimi tak amis.

  • Sebab daging sashimi amis adalah permukaan ikan yang basah. Karena itu sebelum diolah pastikan tekan-tekan permukaan daging menggunakan tisu dapur hingga terasa kering dan kesat. Ulangi beberapa kali sampai permukaan ikan benar-benar kering merata.
  • Setelah dikeringkan, masukkan daging ke dalam wadah kedap udara. Masukkan dalam chiller dan simpan selama kurang lebih 2-3 jam. Ini untuk mengendapkan sisa air dalam ikan. Ini akan membuat ikan tak amis sekaligus tak mudah busuk.
  • Mengolah sashimi harus cepat karena mudah membusuk jika terlalu lama didiamkan. Setelah dikeluarkan dari chiller hendaknya cepat-cepat diolah. Disarankan untuk memotong, membersihkan dan penyajian tak lebih dari 15 menit. Ikan yang terlalu lama terkena udara rentan tercemar bakteri yang menyebabkan bau amis.
  • Gunakan sarung tangan untuk mengolah daging ikan. Ini akan meminimalisir bakteri. Pastikan semua alat yang digunakan untuk mengolah ikan ini bersih dan benar-benar kering.

Nah, semoga tips ini bermanfaat ya. Happy cooking.