Sukses

Lifestyle

3 Tips Orangtua Memperkenalkan Musik Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Saat ini, musik tidak hanya dikenal untuk hiburan tetapi juga menawarkan beberapa manfaat positif bagi kesehatan fisik dan psikologis orang dewasa dan anak-anak. Dalam beberapa tahun terakhir, orang tua juga mengambil peran yang lebih aktif dalam memperkenalkan musik kepada anak-anak sejak usia dini, dan membangun lingkungan anak yang kaya akan musik.

Melihat hal tersebut, BincangShopee menghadirkan talkshow & workshop dengan tema ‘Tingkatkan Kreativitas Anak Melalui Musik’ sejalan dengan perayaan Hari Musik Nasionalpada tanggal 9 Maret 2019. Bersama Studio Nada, kegiatan kali ini menghadirkan Riafinola (Penyanyi dan Ibu), Azfansadra Karim (Musisi dan Kepala Program Studio Nada), Hoshael Erlan, M.Psi (Psikolog), dan Carmen Caballero (Guru Musik) untuk berbagi bagaimana musik dapat membantu untuk mengembangkan intelektual dan kreativitas anak.

“Orang tua, terutama ibu, memiliki kontribusi dan hubungan yang sangat dekat dengan Shopee. Sebagai contoh, The Asian Parent memaparkan terdapat 73% ibu di Indonesia memilih Shopee sebagai platform e-commerce favorit mereka. Kami juga melihat bahwa orang tua tertarik untuk mengajarkan anak-anak mereka mengenai musik, di Shopee pesanan terhadap mainan anak-anak, termasuk mainan musik, telah meningkat sekitar 70% pada bulan Februari dibandingkan tahun lalu. Melihat pemaparan ini, kami menghadirkan figur orang tua sekaligus musisi inspiratif untuk membagikan pengalaman akan manfaat musik bagi anak padaBincangShopee kali ini. Kami berharap dapat menginspirasi orang tua dalam memperkenalkan musik sejak dini dan membentuk anak Indonesia menjadi generasi yang cerdas dan kreatif," ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager, Shopee.

Melihat pentingnya peranan orang tua, berikut 3 tips penting yang dapat dilakukan orang tua dalam memperkenalkan edukasi musik untuk anak:

3 Tips memperkenalkan musik pada anak

1. Body Movement

Musik dan gerakan merupakan suatu hal yang berkesinambungan. Kategori gerakan mencakup beberapa hal, salah satunya adalah perkenalan musik dimana orang tua mengajarkan kategori gerakan tubuh atau menari mengikuti lantunan musik bersama anak. Hal ini dapat melatih anak dalam pengenalan terhadap melodi musik dan melatih sensorik dan motorik pada anak.

2. Body Percussion

Memperkenalkan materi ritme dan teknik menggunakan anggota tubuh sebagai alat musik. Aktivitas kedua ini merupakan kategori gerakan yang diperlukan untuk menghasilkan suara. Orang tua dapat memberikan contoh dengan menghitung, bertepuk tangan dan menepuk paha kemudian menggabungkan kedua tepuk tersebut.

3. Musical Terms and Symbols

Memperkenalkan anak terhadap simbol musik, birama dan tempo untuk meningkatkan kemampuan dasar intelektual anak menggunakan aktivitas menyenangkan seperti permainan, tebak gambar dan lain-lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading