Sukses

Lifestyle

5 Strategi Merintis Bisnis dengan Hati yang Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Bagi yang memang sudah memiliki passion dan kemampuan dalam berbisnis, menggeluti dunia bisnis akan selalu terasa menyenangkan karena banyak tantangan. Bisa menjadi bos untuk diri sendiri dan membuka lapangan kerja baru untuk lebih banyak orang pastinya jadi sumber kebahagiaan dan kepuasan batin sendiri. Hanya saja kadang ada saatnya bisnis terasa begitu berat dan banyak tekanan, hingga sulit untuk tetap merasa bahagia dalam menjalankannya.

Agar bisa lebih bahagia dan tidak gampang stres saat merintis bisnis, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Disarikan dari 5 Essential Habits to Be a Successful Woman Entrepreneur yang dilansir dari womenonbusiness.com, ada beberapa kebiasaan yang bisa kita bangun untuk menjadi perempuan yang sukses dalam berbisnis. Selengkapnya, yuk simak info lengkapnya di sini.

1. Jangan Terlalu Memaksakan Diri Melakukan Segalanya Sendiri

Kita perlu realistis bahwa tidak semua hal bisa kita lakukan sendiri. Ada pekerjaan yang memang sebaiknya didelegasikan. Ada hal-hal yang perlu ditugaskan pada yang lebih berpengalaman atau berkompeten. Saat kita punya tim, kita juga perlu mengenali setiap anggota tim dengan baik agar bisa membangun kerja tim yang optimal dan tidak hanya memberatkan diri sendiri.

2. Ambil Risiko yang Terukur

Tidak semua risiko harus kita ambil semua. Saat akan mengambil sebuah risiko, pastikan sudah mengukur dampak atau konsekuensinya. Jadi, tidak "buta" mengambil setiap risiko yang ada. Kalau semua risiko diambil tanpa memperhitungkan atau mempertimbangkan konsekuensi, yang ada kita malah akan stres sendiri. Risiko memang bagian dari bisnis, tapi kita perlu tetap mengukur risikonya agar tidak mengalami kerugian atau masalah yang lebih besar.

3. Kenali Keterbatasan Diri

Jika punya keterbatasan atau ada kemampuan yang perlu kita perbaiki dalam berbisnis, maka kita harus berani mengakuinya. Kenali keterbatasan atau kekurangan yang ada dalam berbisnis agar kita bisa segera tahu apa saja yang perlu segera dipelajari. Di sinilah pentingnya memiliki semangat untuk selalu belajar dan tak pernah berhenti mengembangkan potensi diri supaya bisnis yang dirintis berjalan sesuai harapan.

 

“Define success on your own terms, achieve it by your own rules, and build a life you’re proud to live.” - Anne Sweeney, Co-Chair of Disney Media Networks

4. Atur Prioritas

Untuk fokus mencapai tujuan atau target bisnis perlu mengatur prioritas. Hal-hal atau kebiasaan yang sekiranya kurang penting perlu dikurangi. Waktu dan energi kita terbatas. Maka dari itu kita perlu tahu cara untuk mengoptimalkannya dengan baik untuk bisnis yang lebih baik. Bila dalam kebiasaan atau rutinitas sehari-hari ada yang terlalu membuang energi dan tak berguna, sebaiknya diabaikan dulu. Atur prioritas dan perbaiki lagi jadwal dan rutinitas supaya bisnis bisa berjalan lancar.

5. Terus Edukasi Diri soal Bisnis yang Ditekuni

Semangat belajar tak boleh surut. Terus tambah ilmu dan edukasi diri soal bisnis yang ditekuni. Bisa dengan mencari mentor, bergabung ke komunitas, atau mengikuti kelas dan pelatihan khusus. Dengan begini kita tak akan gampang panik bila ada masalah muncul dalam bisnis kita. Dengan bekal ilmu yang cukup kita bisa merasa lebih mudah berpikir jernih dalam mencari jalan keluar saat ada masalah menimpa bisnis kita.

Bila bisnis yang kita jalankan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan hidup kita, kita pasti akan selalu bersemangat menaklukkan setiap hambatan demi menjalankan bisnis yang sukses. Apalagi kalau kita bisa menikmati setiap prosesnya, maka berbisnis akan membuat kita bahagia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading