Sukses

Lifestyle

Agar Tekstur dan Warna Lontong Bagus, Begini Cara Memasaknya

Fimela.com, Jakarta Beberapa masakan Indonesia lebih nikmat saat disantap dengan lontong. Nah, Sahabat Fimela bisa kok mencoba membuat sendiri lontong yang lezat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat lontong yang tekstur dan warnanya bagus sehingga menggugah selera makan.

 

  • Yang pertama harus diperhatikan adalah pemilihan daun pisang. Pilih daun pisang yang warnanya hijau cerah. Sebelum digunakan, jemur sampai lemas agar mudah digulung. Buang tulang daunnya dan lap dengan kain yang bersih.
  • Untuk mendapatkan lontong yang teksturnya pulen, tambahkan larutan air kapur sirih. Larutkan seujung kecil sendok kapur sirih dalam 1 sdm air. Ukuran ini untuk 1 kg beras.
  • Saat membungkus lontong pastikan bagian daun yang mengkilap ada di dalam. Ini untuk menghasilkan lontong yang warnanya cantik.
  • Saat mengukus lontong usahakan posisinya berdiri dalam panci tertutup.
  • Angkat lontong dan ditiriskan dengan posisi berdiri dan diangin-anginkan supaya dingin.

Lontong yang dibungkus dengan daun memang lebih lezat dibandingkan lontong yang dibungkus plastik. Selain itu, senyawa plastik bisa mengontaminasi lontong selama direbus. Semoga tips ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading