Berkat Teknologi, Kini Ayah Pun dapat Menyusui si Kecil

Anisha Saktian Putri24 Mar 2019, 13:00 WIB
source:  Instagram t_rat_max

Fimela.com, Jakarta Menyusui memang menjadi tugas seorang ibu, minimal anak akan diberikan Air Susu Ibu (ASI) selama enam bulan. Terkadang, saat menyusui seorang ibu pun butuh istirahat, karena telah menyusui 24 jam non stop.

Sayangnya, seorang ayah tidak bisa mengganti peran seorang ibu tersebut. Tapi tenang, kemajuan teknologi, membuat seorang ayah pun kini bisa menyusui.

Perangkat baru pun diciptakan oleh perusahaan Jepang Dentsu. Dalam acara festival SXSW di Austin, Texas, alat tersebut diberi nama Father’s Nursing Assistant atau sebuah perangkat berbentuk payudara tiruan.

Dilansir odditycentral, alat tersebut diciptakan demi meningkatkan partisipasi ayah dalam hal pengasuhan anak yang tergolong masih sangat rendah di seluruh dunia.

Cara kerja alat

View this post on Instagram

#fathersnursingassistant #sxsw2019

A post shared by Carlos Lowry (@carlitoslow) on

Teknologi tersebut pun, menyiapkan tangki bagi susu formula yang dibentuk layaknya payudara perempuan. Kemudian, alat tersebut pun dapat digunakan oleh para ayah.

"Menyusui juga efektif membantu masalah tidur orangtua, manfaat yang saat ini condong ke perempuan. Berfokus pada menyusui, kami bertujuan mengurangi jumlah beban pada ibu dan meningkatkan jumlah waktu tidur bayi dengan memungkinkan ayah untuk menyusui," tulis rilis Dentsu.

Father’s Nursing Assistant juga mengeluarkan panas sesuai panas tubuh. Alat tersebut mampu mensimulasikan kehangatan tubuh dan memungkinkan bayi untuk tidur nyenyak dalam pelukan ayahnya.

Tak hanya itu, perangkat juga dilengkapi sensor yang dapat melacak perilaku menyusui dan tidur bayi, dengan data yang dapat dipindahkan ke smartphone untuk kemudian dilihat melalui aplikasi khusus.

 

Lanjutkan Membaca ↓