Tips Agar Suasana Bekerja Menyenangkan Bagi Milenial

Anisha Saktian Putri26 Mar 2019, 18:30 WIB
Bekerja/pixabay

Fimela.com, Jakarta Memiliki lingkungan kerja yang nyaman dan mampu menjadi tempat untuk mengembangkan diri, merupakan idaman hampir seluruh karyawan. Namun untuk mewujudkan hal tersebut harus ada komitmen tinggi dari perusahaan.

Apalagi bagi generasi milenial, yang dikenal memiliki kreativitas yang tinggi. Membuatnya sulit bekerja di bawah tekanan, alhasil mereka pun sering berpindah kerja.

Melihat hal tersebut, salah satu perusahaan perbankan, Amar Bank, Bank pelopor Financial Technology (fintech) dengan produknya Tunaiku, mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan menciptakan lingkungan kerja yang menginspirasi merupakan komitmen utama bagi perusahaan, sesuai dengan moto Amar Bank, 'Learn More, Earn More, Have Fun!'. Suasana kerja yang nyaman akan meningkatkan performa perusahaan itu sendiri.

“Bisa dikatakan, budaya kerja yang diterapkan seperti budaya kerja sebuah startup. Mengapa demikian, karena pada umumnya sebuah perusahaan atau organisasi besar lebih fokus terhadap kesenjangan (gap) kinerja dan sudah memiliki standar tersendiri yang harus dipertahankan. Sedangkan disini, yang menjadi fokus kami adalah kesenjangan (gap) peluang. Sederhananya, startup bukan hanya menjadi ‘tampilan’ saja melainkan menjadi ‘pola pikir’. Beberapa karakteristik yang dapat diunggulkan dari pola pikir ini adalah kemampuan untuk melakukan eksperimen dan berani mengambil resiko.” papar Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian, dalam siaran persnya.

2 of 2

Empat hal yang diterapkan

Bekerja
Ilustrasi bekerja/copyright shutterstock

Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar keempat di dunia, berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memiliki 63 juta milenial (rentang usia antara 20 hingga 35 tahun) yang merupakan usia produktif. Tentunya milenial memiliki peran yang besar pada era bonus demografi.

Generasi ini dikatakan akan memegang kendali atas roda pembangunan yang diharapkan dapat membawa Indonesia menuju ke arah pembangunan yang lebih maju dan dinamis. Bonus demografi tersebut memang membawa manfaat yang besar bagi sebuah negara. Untuk itu, perusahaan perlu menciptakan lingkungan kerja yang memiliki nilai lebih bagi generasi ini.

Terkait lingkungan kerja, ada empat hal yang diharapkan pekerja muda khususnya milenial dan Gen Z menurut hasil survey Deloitte Millennial 2018 yaitu; to be more diverse, flexible, nurturing of and generous. Empat hal ini adalah kunci perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang dapat membuat generasi milenial dan generasi Z lebih produktif.

“Generasi milenial mendominasi SDM di Amar Bank. Oleh karenanya, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kemampuan seluruh karyawan dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam perkembangan karirnya juga perusahaan. Kami percaya melalui budaya dan lingkungan kerja yang efektif dan dinamis serta sesuai dengan nilai-nilai yang kami terapkan; Speed, Dream Big, Customer Focus, Experimentation, Growth and Fun, akan tumbuh semangat untuk terus berkembang dan maju bersama perusahaan,” Ratna Julia, Human Resource atau Head of People Function Amar Bank.

Amar Bank percaya melalui budaya dan lingkungan kerja yang produktif dan menyenangkan, dapat mendorong SDM untuk meraih mimpi besarnya. Untuk menghadirkan lingkungan kerja yang menginspirasi, Amar Bank melakukannya dengan menerapkan nilai-nilai yang dimiliki, salah satunya dengan melakukan Friday Session.

Lanjutkan Membaca ↓