Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Kecemburuan dengan Cara Sehat

Fimela.com, Jakarta Rasa cemburu, bukan hanya terjadi ketika pasangan kita dekat seseorang. Melainkan ketika tidak suka melihat seseorang bahagia, seperti ketika teman mendapat kenaikan gaji.

Walaupun rasa iri biasanya akan hilang, namun bagaimana jika erasaan terjadi terjadi semakin intens ke titik di mana sahabat Fimela memikirnya tanpa henti atau membuat hubungan menjadi buruk.

Untuk itu, sahabat Fimela harus dapat mengendalikan emosi agar perasaan cemburu tidak semakin parah, para ahli pun memberikan solusinya, dilansir dari prevention.com.

Sahabat Fimela mungkin berfikir cara terbaik untuk mengatasi kecemburuan adalah mengabaikan masalah tersebut. Tetapi berpura-pura tidak cemburu justru membuatmu bertindak berlebihan dan bisa menjadi masalah besar.

Untuk mengendalikan emosi, ahli terapi pernikahan dan keluarga Risa Ganel, MS mengatakan sebaiknya mulailah dengan menarik nafas panjang. Sekarang luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana perasaanmu yang sebernarnya dan bagaimana ingin merespons rasa cemburu tersebut.

Cara mengatasi kecemburuan secara sehat

1. Cari tahu dari mana asal rasa iri

Apakah perasaan cemburumu berasal dari seseuatu yang telah dilakukan orang tersebut di masa lalu, ataukah berasal dari rasa tidak aman pada diri sendiri? Mencari tahu jawabannya dapat memberi tahumu apakah masalah perlu diatasi dengan orang tersebut atau jika itu sesuatu yang perlu diatasi secara internal.

2. Tuliskan

Menuliskan masalahmu kadang-kadang dapat memperlambat emosi dan membantu berpikir jernih, sebelum mengambil tindakan terhadap perasaan.

3. Bicarakan

Setelah tenang dan meluangkan waktu untuk mengklarifikasi perasaanmu sebenarnya, bicarakan lah dengan seseorang. Bersikaplah terbuka dan jujur tentang apa yang terjadi di dalam hati dan kepalamu. Mintalah bantuan untuk mengatasi rasa cemburu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading