My Voice Matters: Perempuan Seharusnya Bukan Hanya Sekadar Komoditi

Ayu Puji Lestari26 Mar 2019, 12:15 WIB
Perempuan Hebat

Fimela.com, Jakarta Musim kampanye hampir berakhir, sudahkah Sahabat Fimela menentukan pilihan? Baik untuk capres maupun wakil di legeslatif nanti. Pemilu bukan hanya sekadar euforia semata. Seharusnya, bagi perempuan yang jumlahnya mencapai lebih dari 50% dari total seluruh Pemilih, pemilu ini sangat penting.

Untuk itulah memahami Visi, Misi, dan Program Pasangan Calon adalah juga untuk memastikan bahwa kebutuhan dan kepentingan perempuan telah terintegrasi, dan kedua pasangan calon akan memiliki program kerja yang berpihak pada perempuan dan kelompok minoritas.

Sayangnya, visi dan misi kedua calon sama sekali tidak menyentuh ranah penting perempuan. Tidak ada salah satu calon pun yang secara nyata menyatakan dukungan kepada perempuan. Jika diukur, jumlah seuara perempuan sangat penting untuk pemenangan calon dalam pemilu nanti.

Perempuan Sekadar Pemanis dalam Pemilu

Galau
Ilustrasi/copyright unsplash.com/raychan

Seberapa sering kita mendengar para calon mengungkap membela kepentingan 'emak-emak'. Sayangnya isu ini hanya sekadar pemanis saja. Tidak ada visi dan misi yang jelas untuk menyentuh persoalan perempuan.

Berapa lama RUU Penghapusan Kekerasan Seksual harus menunggu disahkan? Harus menunggu berapa banyak korban hingga banyak orang menganggap rancangan undang-undang ini penting?

Perempuan bukan komoditi yang bisa dipakai jika ingin dan dibuang ketika bosan. Perempuan bukan hanya pemanis, karena seharusnya perempuan sama pentingnya dengan yang lain. Karena perempuan tidak seharusnya tertinggal dalam urusan politik.

Selamat hari ini, dan jangan pernah takut menyuarakan suara dan pendapatmu. Because you're strong as hell.

***

Perempuan memiliki hak menyuarakan keberaniannya memperjuangkan sesuatu yang lebih baik untuk dirinya dan juga bermanfaat bagi orang lain. Suarakan tentang pilihan hidupmu dalam lomba menulis Fimela #MyVoiceMatters bulan Maret ini. Dan dapatkan hadiahnya.

Lanjutkan Membaca ↓