Sukses

Lifestyle

Olahraga dapat Meningkatkan Mood Perempuan Selama Perubahan Hormon

Fimela.com, Jakarta Perubahan hormon menjadi salah satu yang dihadapi perempuan sepanjang waktu. Perubahan ini dimulai dari menstruasi, pre mestruasi, pre menoupase, masa kehamilan.

Sayangnya, perubahan hormon ini tak jarang membuat suasan hati menjadi tidak menentu. Bahkan, membuat kondisi perempuan jadi malas beraktivitas, dah justru memilih makan sebagai pelarian. Alih-alih membuat kondisi membaik, memilih tidak beraktivitas dan banyak makan ternyata malah membuat badan kita semakin kurang fit. Terus apa yang harus dilakukan? Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition Samantha Clayton menjelaskan bahwa penting untuk tetap menjalankan hidup sehat dan aktif walaupun sedang mengalami perubahan hormon.

Berdasarkan pengalaman pribadi, dengan tetap hidup positif dan melakukan kegiatan fisik atau berolahraga, perempuan akan lebih mudah melewati masa perubahan hormon tersebut. Seperti diketahui, melakukan kegiatan fisik semacam berolahraga secara teratur tidak hanya bermanfaat untuk fisik saja tetapi juga bermanfaat secara mental. Hal ini karena saat kita berolahraga, otak akan melepaskan zat endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan membuat kita merasa lebih baik.

Selain itu dengan melakukan olahraga, akan membuat kita banyak mengeluarkan keringat dan meningkatkan sirkulasi darah yang membuat kulit anda bersinar, tampak lebih muda dan segar. Memang tidak akan secara langsung menghentikan proses penuaan.

Namun dengan berolahraga secara teratur akan dapat membangun massa otot dan mengurangi lemak kita sehingga dapat sedikit mengurangi proses penuaan alami sekaligus kita akan merasa lebih kuat dan kencang seiring bertambahnya usia. Melakukan olahraga dengan rutin dapat membantu meningkatkan mood saat mengalami proses perubahan hormon, mengurangi pengeluaran air kencing serta meningkatkan energi. Namun, walaupun banyak manfaat berolahraga, tetapi masih banyak kaum hawa yang tidak termotivasi melakukan secara olahraga secara teratur.

Tips praktis

Berikut beberapa tips praktis untuk membantu meningkatkan motivansimu untuk berolahraga sekaligus menjauhkan dari cemilan ataupun sekedar bermalas malasan:

1. Konsistensi adalah kunci

Berusaha untuk aktif setidaknya meluangkan waktu selama 30 menit melakukan sesuatu yang disukai. Olahraga secara rutin setiap harinya dapat membuat anda terbiasa sehingga dapat membantu memperbaiki mental dan membuatmu merasa lebih nyaman.

2. Jangan remehkan manfaat berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan kegiatan kardiovaskuler yang bagus untuk semua orang. Sahabat Fimela dapat berjalan santai di daerah sekitar atau apabila ingin tantangan, bisa berjalan-jalan ke gunung atau melakukan gerakan lunges di sela jalan kaki. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan jantung sekaligus memperkuat kakimu.

3. Berolahraga dengan teman

Kebanyakan perempuan akan merasa lebih baik ketika melakukan olaharaga bersama teman. Semangat akan bertambah apabila melakukan hal bersama dan membantu untuk lebih fokus. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan mengikuti latihan di gym atau kelas kebugaran setiap bulan bersama seorang teman.

4. Siapkan makanan yang sehat

Makanan manis seperti es krim dengan kentang goreng saat mengunjungi restoran cepat saji mungkin dapat membantu memperbaiki moodmu, tetapi hal tersebut akan berpengaruh buruk karena dapat membuat bertambahnya berat badan. Banyak mengkonsumsi makanan yang manis merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan pada saat perempuan mengalami perubahan hormon.

Sebaiknya menghindari makanan-makanan yang tidak sehat dan memulai mengganti dengan makanan yang lebih padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran dan protein sehat. Selain itu harus memastikan agar anda terhindar dari dehidrasi, jika memang ingin makanan manis atau asin sebaiknya hanya mengkonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading