Jadi Perempuan Unggul Berkarier di Kantor, Coba Pakai Strategi Ini!

Endah Wijayanti01 Apr 2019, 12:46 WIB
jadi pengusaha

Fimela.com, Jakarta Berkarier dengan bekerja di sebuah perusahaan atau kantor memang ada tantangannya sendiri. Untuk bisa menjadi lebih unggul pun perlu upaya dan kerja keras yang lebih optimal. Ada strategi yang bisa kita coba juga untuk menjadi perempuan karier dengan nilai lebih.

Allan dan Barbara Pease dalam Kitab Bahasa Tubuh mengungkapkan ada tujuh strategi sederhana yang bisa dicoba untuk memberi keunggulan pada karier kita. Kita bisa langsung mencoba dan menerapkannya untuk membantu meningkatkan kesuksesan kita dalam berkarier. Selengkapnya, langsung simak selengkapnya di sini ya.

1. Berdiri untuk Rapat

Penelitian menunjukkan bahwa perbincangan sambil berdiri akan jauh lebih singkat daripada perbincangan sambil duduk dan orang yang melakukan rapat sambil berdiri dipandang memiliki status yang lebih tinggi daripada yang duduk. Kita bisa mencoba membiasakan untuk melakukan rapat pembuatan keputusan untuk jangka pendek sambil berdiri. Bahkan keputusan yang diambil sambil berdiri akan cepat dan tepat sasaran.

2. Dudukkan Pesaing dengan Punggung yang Menghadap ke Pintu

Ketika punggung kita menghadap ke ruang terbuka, kita menjadi stres, tekanan darah meningkat, jantung berdenyut lebih cepat, frekuensi gelombang otak meningkat, dan kita bernapas dengan lebih cepat saat tubuh menyiapkan diri untuk kemungkinan serangan dari belakang. Bila memungkinkan kita bisa mendudukkan rekan kerja, klien, atau bahkan pesaing dengan punggung yang menghadapi ke pintu. Supaya kita bisa merasa lebih nyaman saat berbicara atau menyampaikan sesuatu dalam forum.

3. Katupkan Jari

Bahasa tubuh ini sederhana tapi bisa memberi efek yang signifikan. Orang yang mengatupkan jari-jarinya ketika berbicara dengan tangan dan menjaga agar tangannya tetap berada di bawah ketinggian dagu akan mendapat perhatian terbesar. Jari-jari yang menyebar terbuka atau penempatan tangan di atas ketinggian dagu akan dipandang kurang berdaya.

4. Lebarkan Siku

Saat duduk di kursi, lebarkan siku-siku tanganmu. Atau bisa juga dengan menempatkan lengan di kursi. Orang yang mengalah dan pemalu akan menyempitkan sikunya untuk melindungi diri dan dipandang sebagai orang yang takut.

5. Gunakan Kata-Kata yang Berdaya Kuat

Ada penelitian menarik soal hal ini. Sebuah penelitian di University of California menunjukkan bahwa kata-kata yang paling membujuk dalam bahasa lisan adalah: penemuan, jaminan, cinta, terbukti, hasil, hemat, mudah, sehat, uang, baru, keamanan, dan Anda. Berlatihlah dan gunakan kata-kata yang berdaya kuat untuk membuatmu tampak lebih unggul di tempat kerja.

6. Bawa Tas Kantor yang Ramping

Ini juga menarik. Tas kantor yang kita bawa juga bisa memengaruhi citra kita. Tas kantor yang ramping dengan kunci kombinasi biasanya dibawa oleh orang penting yang hanya mengurus soal-soal terpenting; tas kantor yang gemuk yang dibawa oleh mereka yang melakukan semua pekerjaan dan dipandang tidak memiliki manajemen waktu yang baik untuk menyelesaikan semuanya tepat waktu.

7. Perhatikan Kancing Jas Mereka

Orang-orang yang melintangkan lengan di depan dada sering kali melakukannya dengan jas dikanding dan mereka biasanya lebih negatif. Ketika seseorang tiba-tiba membuka kancing jasnya pada suatu pertemuan, kita bisa cukup beralasan untuk menganggap dia juga baru saja membuka pikirannya. Dengan memperhatikan kancing jas klien atau rekan kerja kita, kita bisa lebih mudah dalam berkomunikasi atau menyampaikan materi dengan lebih efektif.

Masih banyak tips dan cara yang bisa kita coba untuk menjadi lebih unggul dalam berkarier. Mulai dari mengoptimalkan bahasa tubuh hingga mengoptimalkan potensi dan kompetensi yang kita punya. Semoga tips-tips di atas bisa cukup membantumu untuk menjadi lebih sukses dalam berkarier, ya.