Sukses

Lifestyle

Ada Alasan Akurat Kenapa Suami Istri Bisa Makin Mirip Satu Sama Lain

Fimela.com, Jakarta Pasti kita sering menjumpai pasangan suami istri memiliki wajah yang makin mirip satu sama lain. Ada banyak teori dan alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Tapi alasan yang satu ini cukup menarik dan akurat.

Seperti yang dilansir dari Kitab Bahasa Tubuh karya Allan & Barbara Pease, ketika dua orang hidup bersama dalam waktu yang lama dan memiliki hubungan yang baik, sering kali mereka mulai tampak mirip. Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena keduanya terus menerus saling meniru mimik wajah, yang dengan berjalannya waktu membangun otot di area yang sama pada wajah. Bahkan pasangan yang wajahnya sama sekali tidak mirip bisa tampak mirip di foto karena mereka menampilkan senyum yang sama.

Saat pasangan berada pada tahap dini perkencanan, kita sering melihat mereka berperilaku dengan "gerakan-gerakan" yang sama. Sebagai contoh, saat perempuan mengalami gejala PMS, pihak pria yang mendadak ngidam cokelat. Atau ketika perempuan merasa kembung, si pria yang membuang gas. Saat seseorang merasa cocok satu sama lain atau "merasakan getaran yang sama" tanpa sadar ia mengacu pada perilaku peniruan dan penyelarasan.

Ada indikasi juga bahwa makin mirip wajah dengan pasangan maka itu artinya hubungan juga makin bahagia. Pada tahun 2000, psikolog Dr. John Gottman dari University of Washington, Seatle dan rekan-rekannya menemukan bahwa pernikahan lebih cenderung gagal jika salah satu pihak bukan saja tidak meniru mimik bahagia pihak lain, tetapi menunjukkan mimik tidak senang. Perilaku yang berlawanan ini bakal memengaruhi pihak yang tersenyum, bahkan ketika mereka tidak menyadari apa yang sedang terjadi.

Pentingnya peniruan mimik wajah juga berkaitan dengan cara kita menyampaikan bahwa kita setuju dengan orang lain dan menyukainya. Meniru bahasa tubuh pun merupakan cara untuk memberitahu orang lain bahwa kita menyukai mereka. Ada keterhubungan yang tercipta saat bisa saling menirukan mimik wajah. Fenomena tersebut bisa muncul secara alami untuk membangun keterhubungan dengan cepat.

Bagi yang sudah menikah cukup lama, coba deh sekarang foto bareng. Cari tahu seberapa mirip wajahmu dan suami setelah bertahun-tahun hidup bersama.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading