Agar Hidup Tak Merana karena Pekerjaan yang Membosankan, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Endah Wijayanti02 Apr 2019, 10:20 WIB
tantangan dunia kerja

Fimela.com, Jakarta Pada satu titik kita mungkin akan merasa bosan, capek, dan lelah luar biasa saat bekerja. Menjalani rutinitas seperti biasa pun rasanya berat sekali. Hidup rasanya jadi makin merana.

Karena satu dan lain hal, pekerjaan atau karier yang kita jalani mungkin terasa sangat membosankan. Tapi ketika menyerah atau berhenti tak bisa jadi pilihan, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Agar hidup tak makin merani karena masih harus bertahan di pekerjaan yang makin terasa berat atau membosankan, coba lakukan hal-hal berikut ini, ya.

1. Cari Kesibukan Baru yang Menyenangkan

Bisa dengan cari pekerjaan sampingan. Bisa dengan menekuni hobi baru. Atau sekadar mengisi hari dengan kegiatan baru. Bila akhir-akhir pekerjaan dan rutinitas yang ada terasa amat membosankan, cobalah untuk cari variasi baru. Ciptakan kesibukan baru yang bisa membuatmu merasa lebih bersemangat menjalani hari.

2. Luangkan Waktu Bepergian Sejenak

Ambil jeda. Bila memungkinkan ambil cuti beberapa hari. Luangkan waktu untuk bepergian. Bertualang ke tempat baru. Mencari pengalaman baru dan bertemu orang-orang baru. Dari situ kita akan mendapat perspektif baru dalam hidup yang bisa membuat kita kembali bersemangat menjalani rutinitas yang ada.

3. Bangun Kebiasaan Sehat yang Baru

Yang ini memang perlu dipaksakan dan bakal terasa sulit pada awalnya. Kadang pekerjaan mulai terasa berat dan membosankan karena gaya hidup kita yang makin memburuk dari waktu ke waktu. Coba bangun kebiasaan sehat yang baru. Misal, dengan mulai bangun lebih pagi 30 menit lebih awal dari biasanya. Atau meluangkan waktu 20 menit setiap hari untuk olahraga ringan. Dengan lebih proaktif, kita bisa merasa lebih bahagia.

4. Pertimbangkan untuk Mencari Pekerjaan Lain

Mungkin saat ini belum siap untuk resign. Tapi bisa mulai pertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain. Mau sampai kapan bertahan dalam pekerjaan yang membosankan? Bila dengan berbagai pertimbangan kita merasa pekerjaan saat ini tak bisa lagi membuat hidup bermakna, mencari alternatif pekerjaan lain bisa jadi solusinya. Akan ada masanya kita perlu membuat keputusan besar dalam karier kita untuk membuat hidup lebih bahagia.

5. Buat Pencapaian Baru

Rasa bosan bisa muncul karena kita merasa tak mendapat perubahan atau pencapaian yang lebih baik. Agar hidup tak makin merana, cobalah untuk membuat pencapaian baru. Tak ada salahnya untuk membuat proyek pribadi dan melakukan sesuatu yang lain dari biasanya. Saatnya untuk menciptakan peluang dan kesempatan yang baru.

Penting juga untuk mengetahui akar masalah atau penyebab munculnya rasa bosan dalam pekerjaan. Ingat kembali alasan awal kita memulai pekerjaan ini. Lalu, cari tahu lagi apakah pekerjaan ini masih layak untuk dipertahankan dan diperjuangkan atau memang sudah saatnya mencari jalan keluar baru.