Cara Memasak Daging dan Ikan Presto Empuk Hingga Tulang

Mimi Rohmitriasih06 Apr 2019, 11:38 WIB
ikan goreng

Fimela.com, Jakarta Daging baik itu daging ayam, daging kambing atau sapi dan ikan presto selalu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Rasa daging dan ikan yang lezat serta teksturnya yang sangat empuk hingga ke tulang membuat masakan presto disukai semua kalangan baik anak-anak hingga orang tua.

Bicara mengenai masakan presto, kira-kira bagaimana sih agar mendapatkan masakan daging dan ikan presto yang empuk hingga ke tulang? Meski ada banyak ibu-ibu yang punya panci presto, ternyata tidak sedikit yang gagal membuat masakan presto empuk. Penasaran bagaimana cara meresto daging dan ikan yang empuk ke tulang, simak tipsnya berikut ini Sahabat Fimela.

  1. Bersihkan daging dan ikan yang akan dipresto hingga benar-benar bersih.
  2. Tata daging atau ikan di panci presto secara rapi.
  3. Tambahkan bumbu dan air hingga merendam semua daging atau ikan.
  4. Tutup panci hingga benar-benar rapat.
  5. Rebus daging dan ikan dalam panci presto kurang lebih selama 1 - 1,5 jam.
  6. Setelah panci berbunyi atau berdesis, kecilkan api dan masak lagi selama 45 menit sampai 1 jam.
  7. Saat daging dan ikan dirasa sudah matang serta empuk ke tulang-tulangnya, angkat panci. Jangan langsung membuka panci prestonya.
  8. Biarkan panci berisi daging atau ikan dingin. Ketika panci sudah dingin, buka panci dan buang air rebusannya pelan-pelan. Ambil daging dan ikan secara pelan-pelan, tiriskan. Goreng daging atau ikan sesuai selera.

Itulah cara memasak daging atau ikan dengan cara presto agar empuk hingga tulang. Selamat mencoba dan semoga tips dapur ini bermanfaat ya.