Agar Bawang Tahan Lama Tak Mudah Busuk, Begini Cara Menyimpannya

Mimi Rohmitriasih04 Apr 2019, 19:49 WIB
bawang merah

Fimela.com, Jakarta Bawang menjadi bumbu masakan yang wajib ada di dapur. Baik itu bawang merah, bawang putih atau bawang bombay, semuanya menjadi bumbu masakan dasar dan wajib untuk setiap masakan. Mengingat bawang sebagai bumbu dasar setiap masakan, tidak sedikit dari kita yang menyimpan bawang dalam jumlah banyak di rumah. Sayangnya saat menyimpan bawang ini bawang cepat busuk hingga bertunas.

Lalu, bagaimana cara menyimpan bawang yang tepat agar bawang tidak mudah busuk juga bertunas? Simak caranya berikut ini.

Simpan di Wadah Terbuka, Kering dan Bersih

Pastikan untuk menyimpan bawang di wadah terbuka yang kering dan bersih. Sebaiknya wadah ini berupa baskom jaring-jaring atau bambu anyaman. Menyimpan bawang di wadah terbuka di suhu ruangan akan membuat bawang tahan lama, kualitasnya tetap baik dan tidak mudah busuk. Risiko bawang bertunas juga akan lebih rendah.

Selain simpan di wadah terbuka, pastikan juga untuk menyimpan bawang terpisah dari sayur atau bahan makanan lain. Sahabat Fimela juga bisa menyimpan bawang dengan cara digantung untuk dapatkan bawang yang bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Cara Lain Menyimpan Bawang

Bawang
ilustrasi/copyright unsplash.com/Bulb

Menyimpan Bawang di Lemari Es

Untuk bawang yang disimpan di lemari es, sebaiknya bawang dikupas terlebih dulu. Kupas bawang hingga bersih kemudian tempatkan di wadah tertutup yang kering dan bersih. Bawang yang telah dikupas bisa bertahan hingga 2 sampa1 3 minggu di lemari es. Sebaiknya bawang putih, bawang merah dan bawang bombay yang telah dikupas disimpan di wadah berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Menyimpan Bawang dalam Bentuk Bumbu Halus

Bawang juga bisa disimpan dalam bentuk bumbu halus atau sekedar diiris tipis. Haluskan atau iris tipis bawang, tumis bawang dengan sedikit minyak memakai api kecil hingga harum dan tanak. Setelah itu, simpan bawang yang telah dihaluskan atau diiris di toples kedap udara. Simpan di lemari es dan ambil secukupnya setiap kali Sahabat Fimela ingin memakainya sebagai bumbu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan bawang. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba. Bawang juga bisa disimpan dengan cara digoreng kering ya.

 

Lanjutkan Membaca ↓