Sukses

Lifestyle

5 Tanda Pasanganmu Sudah Bisa Dipercaya

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang dibangun dengan kesetiaan dan kepercayaan bisa langgeng dan bertahan lama. Kita pun bisa merasa nyaman dan tenang bila sudah bisa memberi kepercayaan sepenuhnya pada pasangan. Tapi bagaimana cara mencari tahu apakah pasangan kita sudah bisa dipercaya?

Ada beberapa tanda yang bisa kita jadikan patokan atau tolok ukur untuk memastikan kita sudah bisa memercayai pasangan. Dibutuhkan kepekaan yang lebih tinggi untuk bisa mengenali tanda-tanda ini. Selain itu, biasanya akan butuh waktu dan proses sendiri sebelum kita bisa sampai pada satu kesimpulan bahwa pasangan kita sudah benar-benar bisa dipercaya.

1. Dia Berani Mengakui Kesalahannya

Aniesa Schneberger, MA, LMHC, pendiri Tampa Life Change seperti yang dilansir dari rd.com mengatakan, "Bila kau tak bisa bertanggungjawab pada hal-hal kecil, maka kau tak bisa bertanggungawab untuk hal-hal besar." Bila pasanganmu tak pernah mau meminta maaf atau mengaku salah atas kesalahan yang dibuatnya, maka akan sulit untuk percaya padanya. Padahal permintaan maaf merupakan elemen emosi yang penting untuk membangun kepercayaan dalam hubungan.

2. Dia Bisa Jadi Pendengar yang Baik

Ketika kita curhat dan mengungkapkan sebuah kekesalan karena suatu masalah, lalu dia dengan tenang mendengarkan semua kata kita, ini bisa jadi pertanda dia peduli dan bisa jadi orang terpercaya untukmu. Apalagi kalau kemudian dia menawarkan diri untuk melakukan sesuatu demi membuatmu tenang, di sini dia menunjukkan rasa empati. Dia berusaha untuk bisa jadi orang yang paling dipercaya untuk memperbaiki suasana hatimu.

3. Dia Tak Gampang Curiga Padamu

Biasanya (meski tidak selalu) seseorang bisa gampang curiga terhadap pasangannya karena ia sendiri takut pasangannya curiga dengan sesuatu yang dilakukannya diam-diam. Bila dia tak gampang curiga atau tak berlebihan ketika bertanya atau "menginterogasimu", ada kemungkinan besar dia bisa jadi orang dapat dipercaya. Tapi kalau dia malah terlalu posesif, hm... mungkin akan agak sult untuk percaya padanya.

4. Dia Mengizinkanmu Membawa Ponselnya

Bukan berarti kita harus selalu punya akses untuk membuka dan melihat isi ponselnya. Tapi saat dia dengan sukarela mengizinkanmu membawa ponsel atau benda-benda yang sifatnya personal, ini bisa jadi isyarat bahwa tak ada sesuatu yang ia sembunyikan secara khusus darimu. Coba cek apakah selama ini dia selalu menyembunyikan barang-barangnya darimu atau malah dengan santai membebaskanmu memegangnya.

5. Dia Bisa Membuat Obrolan Terasa Nyaman dan Mengalir

Pepper Schwartz, PhD, co-author dari Snap Strategies for Couples: 40 Fast Fixes for Everyday Relationship Pitfalls mengungkapkan orang yang bisa dipercaya bisa membuat obrolan terasa nyaman dan mengalir. "Saat seseorang berkata jujur, dia tak akan bersikap dramatis," ungkapnya. Saat dia bisa membuat obrolan terasa nyaman dan mengalir, ini bisa pertanda dia orang dapat dipercaya.

Membangun kepercayaan atau memberikan kepercayaan kadang memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Usahakan untuk tetap mawas diri dan berpikir jernih dengan akal sehat dalam memperhatiakn setiap gerak-gerik pasangan, ya. Semoga kepercayaan yang sudah kita berikan padanya bisa ia jaga dengan baik.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading