Kacang Kedelai, Camilan Bernutrisi yang Menyehatkan

fitriandiani09 Apr 2019, 11:30 WIB
Edamame

Fimela.com, Jakarta Camilan seringkali dihindari karena potensi tambahan kalori, gula, maupun lemak yang tak terkontrol di luar batas. Padahal ngemil sah-sah saja, asal camilan yang dipilih adalah makanan sehat. Apa contoh camilan sehat?

Kacang kedelai, salah satunya. Jenis kacang yang satu ini bahkan sudah biasa dijadikan rujukan camilan sehat. Pasalnya, kacang kedelai memang lebih banyak memiliki manfaat kesehatan.

1. Sumber protein nabati

Tak diragukan lagi kalau kacang kedelai merupakan sumber protein terbaik. Berbeda dengan protein hewani, protein nabati mengandung lemak yang lebih sehat. Kacang kedelai juga menjadi sumber protein nabati terbaik karena mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Kenyang lebih lama

Ilustrasi Diet
Ilustrasi Foto Diet (iStockphoto)

Tentu ini amat membantu kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Kedelai mengandung serat yang tinggi. Tubuh butuh mencernanya perlahan hingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, dan kamu bisa mengatur pola makan lebih mudah.

3. Menjaga kadar gula

Kadar indeks glikemik kedelai tergolong rendah sehingga tidak membuat gula darah naik drastis meski kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Mulai sekarang, tidak ada salahnya ganti camilanmu dengan kacang kedelai!

Lanjutkan Membaca ↓