Tips Tidur Nyaman di Pesawat Saat Long Flight

fitriandiani10 Apr 2019, 13:00 WIB
Ilustrasi

Fimela.com, Jakarta Long flight merupakan salah satu aktivitas melelahkan. Meski pada dasarnya di dalam pesawat kita tidak melakukan aktivitas berat, namun badan tetap akan merasa tidak nyaman.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman selama long flight tersebut, usahakan untuk tidur selama mungkin. Kamu harus mempersiapkan tubuh untuk tidur, dengan trik berikut ini:

1. Jangan banyak makan

Makanlah maksimal 2 jam sebelum penerbangan agar tubuhmu tidak terlalu bekerja keras, hingga kamu pun bisa rileks di pesawat. Perhatikan juga makanan apa yang kamu konsumsi. Jika memungkinkan, cari yang mendukung kenyamanan tidur.

Kafein dan alkohol harus dihindari. Meski ada penerbangan yang menawarkan minuman beralkohol untuk memberi efek kantuk, namun efek tersebut hanya akan bertahan sebentar. Setelahnya kamu malah akan sulit tidur karena sakit kepala, haus, atau buang air kecil terus menerus. Demi kenyamanan traveling-mu, lebih baik hindari saja!

 

2. Stimulasi dengan wewangian

Ilustrasi lavender oil
Stimulasi dengan lavender oil agar dapat tidur dengan nyaman di pesawat. (Foto: unsplash.com)

Lavender oil, misalnya. Wangi lavender dapat menstimulasi rasa kantuk yang amat dibutuhkan dalam long flight. Kamu bisa teteskan lavender oil ke masker mulut, atau oleskan sedikit di tubuh setelah duduk di pesawat.

3. Bawa bantal leher

Travel essential for long flight! Bantal leher bisa menyelamatkan leher dari rasa pegal akibat posisi tidur yang tak nyaman. Untuk melengkapi, kamu bisa turunkan sandaran kursi setelah take off, dan minta selimut pada pramugari agar tubuh tidak kedinginan.

 

4. Gunakan earplug dan penutup mata

Travel essentials for long flight
Travel essentials for long flight. (Foto: shutterstock)

Untuk memastikan kamu tidak mendapat gangguan dari luar, earplug dan peneutup mata akan sangat membantu, sebab kamu tak bisa selalu meminta orang di sekitar untuk diam atau menghindari sumber cahaya.

5. Pilih kursi yang nyaman

Meski tidak di bussiness class, setidaknya pilih lah window seat agar tidak terganggu dengan orang lalu lalang. Manfaatkan fasilitas pilih kursi yang tersedia saat beli tiket atau saat check in. Meski harus bayar ekstra untuk kursi pilihan, but it's totally worth it!

Lanjutkan Membaca ↓