5 Tips Traveling Nyaman dan Anti Bete di Musim Hujan

Fimela Editor09 Apr 2019, 11:45 WIB
traveling hujan HL

Fimela.com, Jakarta Musim hujan selalu identik dengan promo atau diskon. Banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata yang memberikan harga khusus karena jumlah wisatawan yang pastinya lebih berkurang saat rintik-rintik air turun dari langit.

Bukan hal yang mengherankan karena semua traveler pasti pengen jalan-jalan di bawah cuaca yang cerah. Ada banyak hal yang bisa ditemukan ketika matahari menemani langkah kakimu. Sebaliknya, saat musim hujan tiba, kamu harus punya strategi ulung untuk bisa keluar hotel dan menikmati petualangan yang sesungguhnya.

Bisa dibilang, liburan di musim hujan butuh banyak persiapan. Berikut adalah lima hal yang wajib disiagakan sebelum memulai perjalanan di musim hujan.

1. Perangkat Anti-Hujan

traveling hujan 1
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Namanya juga berhadapan dengan musim hujan, berarti kamu harus menyiapkan beragam perangkat yang bisa melindungimu dari derasnya air hujan. Mulai dari jas hujan, payung, pelindung tas yang tahan air, dan banyak lagi lainnya. Packing barang-barang ini mungkin bikin males karena ukurannya yang cukup menyita ruang. Tapi kalau nggak dibawa, masa mau beli baru di tempat tujuan? Sama saja buang-buang uang.

2. Baju-Baju Hangat

traveling hujan 2
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Banyak yang bilang, hawa musim penghujan itu jahat. Bisa bikin kamu sakit kapan saja, di mana saja, sekaligus membuyarkan liburan yang sesuai dengan impian. Untuk mempertebal tembok sistem kekebalan tubuh, selalu kenakan baju hangat saat berpetualang. Karena itu, sedikit kurangi baju-baju tipis dan banyakin jaket, sweater, celana panjang, dan kaos kaki untuk meredam hawa dingin akibat hujan.

3. Lengkapi Smartphone dengan Aplikasi Cuaca

traveling hujan 3
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Zaman sekarang, memprediksi cuaca nggak perlu mantengin prakiraan cuaca di televisi. Kamu hanya perlu sematkan aplikasi-aplikasi prakiraan cuaca yang bisa didapatkan secara gratis di toko-toko aplikasi. Dengan begitu, setidaknya dirimu lebih waspada karena mengetahui cuaca yang seperti apa yang bakal kamu hadapi.

4. Vitamin dan Obat-Obatan

traveling hujan 4
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Untuk menunjang daya tahan tubuh terhadap hawa dingin di musim hujan, bawalah suplemen-suplemen yang bisa menangkal radikal bebas, terutama bibit-bibit penyakit yang bisa menimbulkan flu dan masuk angin. Tapi bila pertahananmu jebol juga, sebelum gejala jadi lebih parah, segera redakan dengan obat-obatan. Sediakan di tempat tersendiri agar mudah dicari saat diperlukan.

5. Persiapan Hadapi Delay

traveling hujan 5
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Marah-marah akibat delay penerbangan di musim hujan? Nggak usah segitunya karena justru malah bikin kamu pusing kepala. Maklumi saja karena keterlambatan itu mungkin juga untuk keselamatan dirimu dan penumpang-penumpang lainnya. Sebagai gantinya, kamu harus punya rencana untuk menghadapi delay, seperti menyiapkan game dan lagu di smartphone, atau menghabiskan waktu di sekitar bandara. Yang penting jangan sampai garing!

Musim hujan bukan berarti rencana liburan batal. Lakukan persiapan sebaik mungkin agar bisa menikmati petualangan yang maksimal dengan lima tips di atas.

Lanjutkan Membaca ↓