Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua Tanpa Drama

Fimela.com, Jakarta Setelah menikah, kita juga perlu menjalin hubungan baik dengan keluarga pasangan. Tak terkecuali orangtua pasangan atau mertua kita. Menjalin hubungan baik dengan mertua pun kadang terasa sangat sulit pada awalnya.

Karakter dan kepribadian mertua perlu kita kenali dengan baik. Selayaknya seperti orangtua sendiri, kita juga perlu memberi perhatian padanya dengan sebaik mungkin. Supaya hubungan baik dengan mertua terjalin, ada beberapa cara yang bisa dicoba berikut ini.

1. Hilangkan Dulu Semua Stereotipe Negatif

Jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa mertua akan berperilaku buruk padamu. Semua stereotipe negatif yang ada di dalam pikiran perlu dihilangkan terlebih dahulu. Sehingga kita bisa membangun hubungan dengan mertua dengan pikiran yang lebih terbuka, tidak terlalu menyudutkan atau menghakimi.

2. Buat Mertua Merasa Dibutuhkan dalam Batas Wajar

Misal, kita bisa meminta pendapat mertua soal kado apa yang paling tepat untuk suami tercinta di hari ulang tahunnya. Dari sini kita bisa membuat mertua merasa dilibatkan. Tapi bukan berarti kita harus melibatkan mertua dalam segala hal. Adakalanya hal-hal yang bersifat terlalu personal tak bisa melibatkan mertua. Tetap ada batas-batas wajar yang perlu diperhatikan dalam interaksi sehari-hari.

3. Cari Kesamaan

Mungkin mertua punya hobi atau sesuatu yang sangat disukainya. Kita bisa memanfaatkan kesamaan yang ada untuk bisa melakukan aktivitas bersama. Setidaknya kita bisa menjadwalkan kegiatan bersama untuk menciptakan momen menyenangkan. Dengan kesamaan yang ada, setidaknya jadi ada bahan obrolan bersama mertua juga.

4. Ikuti Hal-Hal Baik Darinya

Mungkin mertua punya saran dan nasihat yang baik untuk kita, maka dengarkan dan ikuti saja. Ambil saja hal-hal baik darinya dan tunjukkan bahwa kita menghargai setiap usaha yang ia lakukan untuk kita. Karena kita sudah jadi bagian dari keluarga suami, kita juga perlu berusaha sebaik mungkin untuk menyesuaikan diri.

5. Jangan Selalu Melibatkan Mertua pada Masalah Rumah Tangga

Masalah rumah tangga yang ada idealnya memang diselesaikan dengan suami terlebih dahulu. Selalu komunikasikan dan diskusikan dengan suami terlebih dahulu bila menyangkut persoalan rumah tangga. Tak harus selalu melibatkan mertua, apalagi kalau sudah menyangkut soal masalah uang maka tak bisa sembarangan.

Menjalin hubungan baik dengan mertua memang kadang cukup bikin pusing sendiri. Semoga kita bisa membangun hubungan baik dengan suami, mertua, dan keluarganya ya. Agar bisa sama-sama bahagia bersama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading