Cara Memilih Buah Semangka Matang dan Manis Alami

Mimi Rohmitriasih09 Apr 2019, 15:50 WIB
Semangka

Fimela.com, Jakarta Semangka merupakan buah yang memiliki rasa lezat dan menyegarkan. Semangka juga kaya akan nutrisi sehingga tidak heran jika buah satu ini disukai siapa saja. Buah semangka sebagai salah satu buah favorit banyak orang yang sering dijadikan buah pencuci mulut utama di segala acara atau aktivitas.

Jika Sahabat Fimela juga penyuka semangka, pastikan untuk memilih buah semangka yang matang dan manis alami ya. Pastikan untuk lebih hati-hati saat memilih dan membeli semangka. Jangan sampai buah semangka tersebut setelah dibelah atau dipecah warnanya pucat dan rasanya hambar karena belum matang sempurna. Untuk memilih buah semangka yang matang dan manis alami, berikut caranya.

Cara Memilih Semangka

Semangka
Semangka (Foto: iStockphoto)

Perhatikan Warna Kulit Semangka

Semangka yang telah matang sempurna dan rasanya manis adalah semangka yang matang langsung dari pohonnya atau siap panen. Ciri-ciri dari semangka yang siap panen sendiri warna kulitnya lebih gelap, hijau merata dan mengkilap. Jika menemukan semangka yang masih berwarna kuning pucat, bisa jadi semangka ini belum siap buat dipanen.

Berat Semangka

Semakin tua atau siap dipanen, buah semangka akan semakin berat. Ini karena kandungan air dalam semangka semakin banyak. Jika semangka memiliki berat yang ringan, bisa jadi semangka itu masih muda atau belum siap panen. Semangka yang ringan bisa jadi di dalamnya ada rongganya.

Tepuk-tepuk Semangka

Untuk mengetahui semangka sudah matang atau belum, cara yang bisa dilakukans selanjutnya adalah menepuk-nepuk semangka. Jika suara semangka nyaring, kemungkinan semangka masih mudah dan belum matang. Tapi jika semangka yang ditepuk suaranya tidak nyarin, ini berarti semangka sudah tua atau matang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih buah semangka. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓