Punya Pasangan kok Malah Merasa Kesepian? Kenali 5 Penyebabnya

Endah Wijayanti09 Apr 2019, 15:05 WIB
perasaan kesepian

Fimela.com, Jakarta Perasaan kesepian tidak hanya dialami oleh yang masih single atau jomblo. Bahkan yang sudah punya pasangan pun bisa merasakan kesepian. Rasa sepi yang menghampiri memang bisa disebabkan oleh banyak hal.

Mungkin ada di antara kita yang merasakannya. Ketika orang-orang bilang dengan punya pasangan kita sudah bisa lebih tenang dan bahagia, kenyataannya saat sudah punya pasangan perasaan kesepian tetap saja hadir. Kira-kira apa penyebab seseorang merasa sedih dan kesepian padahal sudah memiliki pasangan? Alasan dan kemungkinannya bisa dipengaruhi oleh sejumlah hal berikut ini.

1. Pasangan Tak Menghargai Usaha Kita

Tanpa benar-benar disadari ternyata selama ini hanya kita yang memberikan yang terbaik padanya. Sedangkan pasangan kita lebih sering cuek atau bahkan tak menghargai usaha kita. Kita sudah memberikan semua yang terbaik sampai mengabaikan rasa lelah sendiri. Akibatnya yang terjadi kita merasa begitu hampa karena ada yang terasa timpang dalam hubungan kita.

2. Ada Kenyataan yang Tak Sesuai Harapan

dampak patah hati 2
Ilustrasi./Copyright pixabay.com

Hubungan yang kita jalani ini ternyata ada yang tak sesuai dengan harapan kita. Masalah dan konflik sering hadir karena dipicu oleh masalah-masalah sepele. Ada kenyataan yang tak sesuai harapan. Bahkan kita pun kesulitan menerima kenyataan tersebut. Perasaan yang tak nyaman ini kemudian menghadirkan perasaan hampa dan sepi dalam diri.

3. Punya Standar dan Tuntutan yang Terlalu Tinggi

Kita menuntut pasangan terlalu tinggi sesuai dengan standar kita. Tapi kemudian pasangan kita tak bisa memenuhi semua standar tersebut. Terlalu memaksakan keinginan dan kehendak, kita jadi lelah sendiri. Apalagi ketika ditambah dengan perilaku pasangan yang ternyata tak benar-benar peduli dengan yang kita harapkan padanya. Rasa sedih dan kesepian pun bisa menjalari hari-hari kita.

4. Terlalu Membanding-bandingkan Hubungan Kita dengan Hubungan Orang Lain

Patah hati (iStock)
Ilustrasi. (iStockphoto)

Di era media sosial seperti ini mudah sekali bagi kita untuk mengintip kehidupan orang lain. Bahkan bisa dengan mudah stalking kehidupan baru dan pacar baru mantan. Terlalu membanding-bandingkan bisa memunculkan perasaan insecure. Memunculkan perasaan rendah diri dan tanpa sadar merasa iri dengan hubungan orang lain yang tampak lebih bahagia.

5. Ternyata Tidak Ada Cinta dalam Hubungan

Ya, kemungkinan ini bisa jadi ada dalam hubunganmu. Sudah memiliki pasangan tapi yang dirasakan ternyata adalah kesepian. Bisa jadi selama ini memang belum ada cinta dalam hubungan. Hubungan yang dimiliki saat ini belum benar-benar dilandasi oleh cinta. Kalau perasaan kesepian terus hadir dan makin menyiksa, coba evaluasi lag hubunganmu.

Penyebab hadirnya perasaan kesepian bisa karena berbagai faktor dan alasan. Coba cari tahu akar masalahnya dan temukan solusi terbaiknya, ya. Bagaimana pun kita tetap berhak mendapat rasa bahagia dalam menjalin sebuah hubungan.

 

Lanjutkan Membaca ↓