5 Kelebihan Orang dengan Kepribadian Ekstrovert!

Febi Anindya Kirana09 Apr 2019, 16:45 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti punya kecenderungan memiliki kepribadian yang dominan, entah itu menjadi seorang introvert atau justru ekstrovert. Oarng-orang ekstrovert biasanya sangat mudah dikenali karena ia mudah ditemukan di lingkungan yang ramai banyak orang.

Setiap tipe kepribadian tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tidak terkecuali pemilik kepribadian ekstrovert. Dna ebruntunglah orang ekstrovert, karena sekian kelebihan ini alami ia miliki.

1. Berpikir cepat

Para ekstrovert memiliki kemampuan cepat berpikir dan ceat mengambil keputusan. Bukan karena mereka lebih cerdas atau lebih tangkas, hanya saja ia lebih peka dengan banyak hal yang terjadi di sekitarnya. Otaknya memproses lebih cepat dalam perencanaan dan mengambil tindakan.

Kelebihan pemilik kepribadian ekstrovert

zodiak
ilustrasi zodiak/Photo by Ayo Ogunseinde on Unsplash

2. Pandai bergaul

Penelitian yang dilakukan oleh Carl Jung tahun 1921 menemukan bahwa orang-orang ekstrovert merasa lebih bersemangat dan bahagia ketika bisa berinteraksi dan bersosialiasi dengan banyak orang, di mana hal ini justru membuat para introvert kelelahan, seakan energinya tersedot habis.

3. Berani mengambil risiko

Uniknya, para ekstrovert lebih berani mengambil risiko dibanding teman-temannya yang introvert. Diketahui dari penelitian, ini adalah efek dari sensitivitas dopamin yang ada di dalam otaknya. Entah ia tipe yang bisa mengatasinya atau justru tak pandai mengatasinya, poin penting adalah ia berani mengambil risiko.

4. Terlihat lebih bahagia

Ini adalah penampilan yang paling terlihat dari para ekstrovert. Karena mereka tidak sungkan mengekspresikan diri, maka mereka terlihat lebih bahagia. Penelitian dari Washington State University juga menemukan, seringnya interaksi sosial yang ia lakukan selalu bisa mengisi tenaganya kembali dan membuatnya lebih bahagia.

Kelebihan menjadi orang ekstrovert

zodiak
ilustrasi zodiak/copyright Unsplash/David Yanutama

5. Mereka jago belajar bahasa asing

Penelitian yang dilakukan VIT University di India menemukan bahwa ternyata orang ektrovert lebih baik dalam menguasai bahasa kedua atau bahasa asing. Hal in dipengaruhi oleh sistem otaknya yang berani mengambil risiko, ternyata ia juga bisa menekan otaknya hingga batas tertentu untuk mempelajar sesuatu yang baru.

Jadi, bersyukur dan banggalah dirimu sahabat Fimela jika termasuk orang ekstrovert, karena kelebihan ini secara alami muncul dalam dirimu.

Lanjutkan Membaca ↓