4 Tanda Pekerjaanmu Saat Ini Bukan yang Terbaik Untukmu

Endah Wijayanti10 Apr 2019, 07:46 WIB
pekerjaan toxic

Fimela.com, Jakarta Memilih pekerjaan kadang tak ubahnya seperti memilih jodoh. Perlu yang benar-benar pas di hati dan bisa membuat kita merasa nyaman. Mengingat sebagian besar hidup kita bakal dihabiskan dengan bekerja, maka penting untuk memiliki pekerjaan yang tepat.

Sekarang coba cek lagi apakah kita sudah mendapatkan pekerjaan yang tepat? Atau malah jangan-jangan pekerjaan kita saat ini adalah sumber penderitaan dan kesulitan hidup yang makin pelik? Saatnya untuk mengevaluasi, bila ada tanda-tanda ini dalam keseharian dan pekerjaanmu bisa jadi ini waktunya untuk beralih profesi aatau mencoba karier yang baru.

1. Rasa Lelah dan Stres Tak Kunjung Hilang

Setiap hari rasanya capek melulu. Stres dan tertekan setiap saat. Bahkan untuk berangkat ke kantor rasanya tak ada semangat sama sekali. Bila stres yang kita rasakan tak kunjung hilang meski sudah berusaha untuk tidur cukup dan berolahraga, ada kemungkinan sumber masalahnya ada pada pekerjaan kita.

 

2. Tak Ada Pekerjaanmu yang Dihargai

tantangan karier
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/@sclensstudio_339

Semua upaya dan kerja kerasmu tak ada yang dihargai. Bahkan orang-orang di sekitarmu selalu seakan tutup mata dengan semua prestasi dan pencapaianmu. Semua rasa capek dan lelah bekerja tak pernah dihargai sedikit pun. Berada di lingkungan bekerja yang seperti ini, tampaknya kita butuh lingkungan kerja baru yang lebih menghargai usaha dan kerja keras kita.

3. Tak Pernah Mendapat Kepuasan Batin dalam Bekerja

Tak pernah ada rasa bahagia atau kepuasan batin dari setiap pekerjaan yang dilakukan. Bahkan ketika kita berhasil mencapai sesuatu, rasanya masih ada yang hilang atau hampa. Pikiran kita pun sering tidak "berada pada tempatnya" dan cenderung menginginkan hal lain. Kerja keras bagai kuda tapi ternyata nggak pernah merasa bahagia, mungkin ada yang salah dengan pekerjaanmu.

4. Tidak Mendapat Kesejahteraan yang Layak

tantangan karier
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kerja keras kita tak dihargai dengan baik. Tak ada kesejahteraan layak yang kita terima. Banyak hal yang kita kerjakan dan korbankan, tapi bila apa yang kita terima tidak sebanding maka saatnya untuk mengevaluasi karier atau pekerjaan kita saat ini.

5. Kesehatan Sering Terganggu

Baik kesehatan tubuh maupun pikiran bila sering terganggu atau bermasalah karena pekerjaan, maka perlu dipertimbangkan untuk membuat pilihan baru soal karier dan pekerjaan. Jangan sampai kesehatan kita dikorbankan untuk sesuatu yang sebenarnya tak layak diperjuangkan. Bagaimana pun kondisi kesehatan kita tetaplah yang paling penting dan utama.

Bila kita merasakan tanda-tanda tersebut, cobalah untuk mempertimbangkan pilihan karier atau pekerjaan yang lebih baik. Semoga setelah ini kita bisa mendapatkan kehidupan yang seimbang dan lebih bahagia di semua aspek kehidupan, termasuk karier dan pekerjaan, ya.

Lanjutkan Membaca ↓