Kembalikan Semangat Kerja dengan Memahami Konsep "Flow"

Endah Wijayanti13 Apr 2019, 09:15 WIB
membangun percaya diri

Fimela.com, Jakarta Duh, rasanya kok malas kerja. Nggak ada lagi semangat untuk mulai kerja. Bahkan mau memulai untuk bekerja rasanya berat sekali. Hm... pernah mengalami situasi itu? Atau mungkin saat ini sedang dilanda masalah tersebut?

Kehilangan semangat kerja kadang memang sulit untuk dihindari. Ada masa-masa ketika kita benar-benar malas atau bahkan tak punya energi untuk bekerja. Tapi coba deh pahami konsep ini. Ada sebuah konsep sederhana yang cukup menarik terkait meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Pada tahun 1975, psikolog Mihály Csíkszentmihályi mengenalkan konsep yang diberi nama flow. Seperti yang dilansir dari lifehack.org, konsep flow ini ditandai dengan kondisi benar-benar terhanyut secara psikologi pada pekerjaan atau proyek yang sedang dilakukan. Para pekerja kreatif seperti seniman, penulis, atau desainer biasanya yang paling membutuhkan kondisi tersebut saat harus duduk berjam-jam mengerjakan sesuatu.

Mungkin selama ini kita pernah mengalami hanya saja tak menyadari kalau sedang dalam kondisi flow. Kondisi ini bisa terjadi ketika kita berada di situasi yang benar-benar membuat kita nyaman sekaligus merasa tertantang mengerjakan sesuatu. Ada perasaan terhanyut dan tidak sadar kalau waktu berjam-jam bisa berlalu begitu saja. Untuk bisa mendapatkan kondisi flow biar semangat kerja, ada tips-tips mudah yang bisa diikuti, langsung simak di sini yuk!

1. Jauhi Gangguan

Untuk bisa berada dalam kondisi flow, kita harus benar-benar fokus. Jadi penting untuk meluangkan waktu khusus untuk mengerjakan sesuatu. Jauhi aneka gangguan. Kesampingkan dulu hal-hal yang sekiranya belum terlalu penting untuk sementara waktu.

2. Buat Tujuan Jelas

Dianggap Tak Kekinian, Menulis dengan Tangan Ternyata Bermanfaat (Tyshun/Shutterstock)
Ilustrasi./ (Tyshun/Shutterstock)

Biar bisa fokus dan merasa semangat kerja, buat tujuan jelas. Misal, ketika ingin melanjutkan menulis, buat tujuan misalnya setidaknya dalam waktu dua jam bisa menghasilkan dua halaman tulisan utuh. Ada tujuan atau target yang dituju akan memudahkan kita lebih efisien dalam bekerja.

3. Kondisikan Diri dalam Situasi yang Paling Nyaman

Penting untuk memiliki kebebasan dalam mengondisikan diri serta situasi terbaik untuk bekerja. Akan sulit bagi kita untuk bisa benar-benar fokus bekerja bila kita tak bisa mendapatkan kenyamanan yang kita butuhkan. Tentukan dan pilih kondisi yang paling kondusif secara personal untuk membuat kita nyaman.

4. Hadirkan Tantangan dalam Pekerjaan

[Bintang] Kamu Lebih Suka Kerja Karena Passion atau Gaji Besar?
Ilustrasi.(Sumber Foto: Gail Minogue)

Kalau kita merasa pekerjaannya terlalu membosankan atau malah terlalu memberatkan, akan cukup sulit bisa berada dalam kondisi flow. Coba hadirkan tantangan dalam pekerjaan yang dilakukan. Rasa malas atau ogah-ogahan bekerja bisa ditaklukkan dengan menciptakan tantangan baru.

5. Coba Dulu Aja!

Yup, kalau ingin bisa mendapatkan perasaan "terhanyut" saat bekerja, ada kalanya kita perlu langsung coba. Ketika misalnya ada proyek yang bakal butuh waktu berjam-jam untuk diselesaikan, coba kerjakan dulu selama 15 menit. Nanti begitu sudah dapat "ritmenya" kita bisa mendapatkan sendiri perasaan nyaman dan makin terhanyut menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas.

Pekerjaan nggak akan selesai begitu saja kalau kita cuma diam dan terus bermalas-malasan. Lebih baik cicil dulu pekerjaan, sedikit demi sedikit, nanti biasanya kita akan lebih mudah untuk melanjutkan pekerjaan begitu sudah menemukan ritme yang tepat.

Lanjutkan Membaca ↓