Sukses

Lifestyle

Ini Tepatnya Jumlah Air yang Harus Diminum dalam Sehari

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu sudah sering mendengar nasihat untuk minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari. Namun, benarkah kamu harus minum 8 gelas? Apa manfaatnya?

Menurut para ahli, persyaratan cairan sangat bervariasi pada setiap orang. Berapa banyak air yang kamu minum dalam sehari tergantung pada hal lainnya, seperti aktivitasmu hari itu, makanan, dan minuman yang dikonsumsi.

Dilansir dari self.com, Kamis (11/4/2019), Institute of Medicine merekomendasikan agar perempuan mendapatkan 2,7 liter atau sekitar 11 gelas air dalam sehari. Perbedaan persepsinya adalah semua cairan dihitung sebagai asupan airmu, bukan hanya air putih saja.

Air di sini termasuk secangkir kopi hingga kandungan air dari makanan yang kamu konsumsi. Lebih banyak mendengarkan tubuhmu, minum ketika haus, dan makan ketika lapar.

Pilihan terbaik yang bisa kamu miliki adalah air dari buah dan herbal, teh tanpa pemanis, dan air soda. Beberapa buah dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi adalah semangka, mentimun, selada, seledri, tomat, stoberi, jeruk, dan anggur.

Namun, berhati-hatilah dengan beberapa makanan dan minuman seperti alkohol dan asparagus, menyebabkan kamu mengeluarkan lebih banyak air setelahnya. Sedangkan makanan yang mengandung sodium kemungkinan akan menahan lebih banyak air, membuatmu mudah merasa haus.

 

Bagaimana cara memastikan tubuh telah mendapat asupan cairan yang dibutuhkan?

Lantas, bagaimana cara terbaik mengetahui bahwa tubuh sudah memiliki asupan cairan yang cukup? Dengarkan tubuhmu, haus mungkin pertanda kamu sedang dehidrasi.

Atau periksa warna urinmu. Jika urin berwarna kuning muda, ini tandanya kamu mendapatkan asupan cairan yang cukup. Sebaliknya, jika urin berwarna gelap atau berbau, kamu mungkin membutuhkan lebih banyak asupan cairan. Penting juga untuk terus minum air, terutama jika kamu berkeringat.

Usahakan untuk minum 1 sampai 2 gelas air sebelum berolahraga dan setengah sampai 1 gelas air setiap 15 menit selama olaharaga. Untuk mempermudah kebiasaan minum air yang cukup setiap hari, bawa botol air isi ulang kemanapun kamu pergi.

Saksikan Video Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading