4 Alasan Tak Perlu Iri dengan Karier Teman yang Lebih Kece

Endah Wijayanti10 Apr 2019, 15:02 WIB
iri karier

Fimela.com, Jakarta Saat reuni atau berkumpul dengan sekelompok teman, kadang topik soal pekerjaan dan karier jadi bahan obrolan yang cukup intens. Bahkan mungkin kita akan mulai membandingkan karier kita dengan karier teman kita yang lain. Karier teman kita seakan tampak lebih kece daripada karier kita. Bahkan gaji teman kita lebih besar daripada penghasilan kita bekerja banting tulang saat ini.

Tapi tak perlulah iri dengan karier atau pekerjaan teman kita yang lain. Besar kecilnya gaji bukan satu-satunya tolok ukur kesuksesan. Belum lagi dengan pilihan bidang karier atau pekerjaan yang berbeda, rasanya hanya akan sia-sia belaka bila kita merasa rendah diri di depan teman yang kariernya tampak lebih kece.

1. Perjalanan dan Perjuangan Karier Tiap Orang Berbeda

Rumput tetangga mungkin tampak lebih hijau. Tapi bisa jadi itu karena usahanya yang lebih keras selalu rutin menyirami dan menyianginya secar berkala. Perjalanan karier kita dengan teman kita mungkin berbeda. Bisa jadi teman kita sudah lebih dulu memulai kariernya jauh sebelum kita merintis karier kita sendiri. Ada proses panjang yang perlu dilalui terlebih dahulu sebelum bisa benar-benar mencapai kesuksesan yang diinginkan.

2. Kesuksesan Orang Lain Bisa Kita Jadikan Motivasi

perempuan mandiri
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/@bbh_singapore

Wajar sih kita merasa iri dengan kesuksesan orang lain. Tapi akan lebih baik bila kita menjadikannya sebagai motivasi. Kita bisa belajar dari kerja kerasnya. Bisa belajar dari caranya membangun karier. Mungkin juga ada tips-tips darinya yang bisa kita pakai untuk meningkatkan kesuksesan karier dan pekerjaan kita saat ini.

3. Fokus Saja dengan Meningkatkan Kinerja dan Kesuksesan Kerja Kita

Yup, tak ada gunanya bila terlalu banyak menghabiskan waktu iri dengan karier dan kehidupan orang lain. Mending fokus meningkatkan karier dan kesuksesan karier kita. Memperbaiki hal-hal yang sekiranya perlu segera dibenahi supaya lebih cepat mencapai target kita.

4. Pekerjaan Kita Juga Memiliki Nilainya Sendiri

Hak Pekerja
Ilustrasi./copyright unsplash.com/@tranmautritam

Kita bahagia dengan pekerjaan kita. Kita bisa mencukupi kebutuhan orang-orang terdekat kita. Kita bisa sejahtera dengan yang kita kerjakan. Dengan kata lain, pekerjaan kita juga memiliki nilainya sendiri. Ada kebahagiaan dan keberkahan yang kita peroleh dari pekerjaan kita. Jadi jangan lagi capek-capek iri dengan karier atau pekerjaan orang lain.

Tetap semangat dengan karier dan pekerjaan yang dilakukan, ya. Kita pasti bisa sukses meraih impian dan tujuan hidup kita dengan cara terbaik kita.

Lanjutkan Membaca ↓