5 Tips Mengatur Waktu Tanpa Drama untuk Perempuan Super Sibuk

Endah Wijayanti13 Apr 2019, 08:45 WIB
bosan kerja

Fimela.com, Jakarta Rutinitas dan aktivitas yang padat setiap harinya memang kadang bikin stres. Kesibukan sehari-hari bila tak dikendalikan dan diatur dengan baik bisa membuat kita terjebak dalam banyak "drama". Jadi gampang emosian, mudah tersinggung, bahkan terganggunya kondisi kesehatan tubuh dan pikiran. Duh, nggak enak banget pastinya.

Sebagai perempuan super sibuk rasanya waktu 24 jam sehari nggak pernah cukup. Ada saja hal-hal yang rasanya belum dilakukan dengan maksimal. Waktu tidur dan istirahat jadi dikorbankan demi hal-hal yang menurut kita tak bisa ditinggalkan. Biar nggak gampang stres mengatur waktu dengan kesibukan yang segudang, coba deh ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Siapkan Jurnal atau Buku Agenda Khusus

Saat ini memang sudah ada aplikasi yang bisa membantu dan kita pakai untuk membuat jadwal harian. Tapi terkadang yang lebih efektif justru dengan bantuan buku jurnal atau buku agenda khusus yang bisa kita corat-coret setiap saat. Kita bisa menuliskan prioritas dan hal-hal penting yang dilakukan secara harian, mingguan, hingga bulanan dengan lebih mudah. Untuk membagi prioritas bisa dengan bantuan kategori: tingkat kepentingan, tenggat waktu, tingkat kesulitan, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap hal. Bagi prioritas dengan lebih bijak agar kita bisa lebih mudah mengatur waktu dan jadwal harian. 

 

 

2 of 3

2. Singkirkan Benda-Benda Tak Penting

kepribadian
ilustrasi./copyright Pexels/Bruce Mars

Coba deh sisihkan waktu lima menit untuk merapikan meja kerja. Singkirkan aneka benda atau barang yang sekiranya sudah tak penting. Karena kalau di sekitar kita ada banyak tumpukan barang dan benda-benda yang sebenarnya sudah tak diperlukan lagi, fokus dan perhatian kita akan sangat mudah terganggu. Pikiran pun tak gampang "penuh" ketika menjalani rutinitas yang ada.

3. Hindari Multitasking

Sebisa mungkin hindari mengerjakan banyak hal dalam satu waktu bersamaan. Luangkan waktu untuk mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu. Baru setelah itu bisa lanjut ke pekerjaan berikutnya pada rentang waktu yang berikutnya pula. Tiap orang pastinya punya gaya dan cara berbeda dalam bekerja. Mungkin ada yang sudah terbiasa multitasking jadi merasa nyaman saja melakukan. Hanya saja bila tak ingin gampang merasa capek atau stres, sebaiknya hindari yang namanya multitasking. Kalau malah terlalu dipaksakan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu bersamaan, nantinya kita malah makin cepat pusing sendiri.

 

3 of 3

4. Selalu Jadwalkan Jeda Khusus untuk Istirahat

Zodiak
Ilustrasi/copyright pexels.com/bruce mars

Dalam membuat jadwal, sebaiknya selalu buat jeda untuk istirahat. Waktu makan dan istirahat yang cukup tetap perlu disisipkan di rutinitas. Saat memang sudah saatnya untuk istirahat makan siang, maka optimalkan waktu istirahat sebaik mungkin. Istirahat sangat penting dilakukan untuk mengisi ulang energi tubuh kita.

5. Dahulukan yang Lebih Penting dan Mendesak

Pekerjaan yang statusnya penting dan mendesak perlu diselesaikan lebih dulu. Sementara pekerjaan atau tugas lain yang sekiranya masih bisa dikerjakan belakangan bisa ditunda terlebih dahulu. Bagi prioritas sebaik mungkin dan sebijak mungkin. Kenali batasan diri dan sadari bahwa tak semua hal bisa kita kerjakan semuanya sekaligus. Kesibukan dan rutinitas yang padat perlu diseimbangkan dengan kemampuan mengatur prioritas yang lebih baik.

Membagi dan menagtur waktu di tengah kesibukan yang padat memang selalu jadi tantangan tersendiri. Tapi kita bisa mengambil langkah-langkah sederhana untuk mengatasinya dan membuat hidup kita jadi terasa lebih tertata dan terarah.

 

Lanjutkan Membaca ↓