Tips Menanggulangi Mata Merah yang Aman Akibat Iritasi

Karla Farhana12 Apr 2019, 19:00 WIB
[Fimela] Bulu Mata Lentik

Fimela.com, Jakarta Mata merah bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman karena gatal dan mengganjal. Namun, juga cukup berbahaya jika ttidak diperiksakan ke dokter. Pasalnya, tulis Hello Sehat, mata merah terjadi karena ada pembekakan pada pembuluh darah kecil pada mata. 

Hal ini bisa terjadi karena adanya iritasi, reaksi alergi, atau juga cedera ringan pada indera penglihatanmu. Lain kasus, lain juga gejalanya. Mata merah tanpa rasa sakit biasanya tidak berbahaya. Tetapi harus diobati agar gejalanya mereda dan tidak timbul infeksi atau iritasi yang semakin parah. 

Tentunya, penanganan segala jenis kasus harus sesuai dengan prosedur dan anjuran dokter mata. Meskipun begitu, Sahabat Fimela dapat melakukan beberapa langkah sebagai pertolongan pertama di rumah, sebelum mengunjungi dokter spesialis mata untuk penanganan lebih lanjut. 

Kompres Mata

Sebelum pergi ke dokter, kamu bisa mengompres mata terlebih dahulu. Hal ini dapat meredakan dan mengurangi warna kemerahan ppada mata yang membuatmu merasa tidak nyaman. Caranya, dengan membasahi kain katun lembut dan bersih dengan air, peras dan tempelkan pada area kelopak mata selaa beberapa menit. 

Lepas Lensa Kontak

20151023-Ilustrasi Kontak Lensa
Ilustrasi Kontak Lensa (iStockphoto)

Ketika mata memerah, segera lepas lensa kontak. Jika tetap menggunakannya, mata akan bertambah perih dan semakin banyak air mata yang akan keluar. Selain itu, hindari penggunaan lensa kontak sekali pakai secara berulang. 

Obat Tetes Mata

Penggunaan obat tetes mata sebenarnya juga dapat menjadi salah satu pertolongan pertama yang bisa meredakan iritasi mata dan menghilangkan warna merah pada matamu. Namun, jangan sembarangan menggunakan obat tetes mata tanpa arahan dokter sppesialis mata. 

Karena, obat tetes mata dapat menimbulkan reaksi yang beragam pada setiap orang. Selain itu, penggunaan obat tetes mata dalam jangka panjang juga tidak disarankan karena akan menimbulkan efek samping. 

Tonton Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓