Sebagai Suplemen, Begini Cara Tepat Mengonsumsi Probiotik

Vinsensia Dianawanti13 Apr 2019, 09:00 WIB
yogurt

Fimela.com, Jakarta Konsep probiotik umumnya digunakan sebagai suplemen yang didapat dengan mengonsumsi yogurt setiap pagi. Mengonsumsi probiotik secara rutin akan menyimpan bakteri baik pada usus. Untuk memaksimalkan fungsi probiotik dalam tubuh, kamu bisa menggabungkannya dengan prebiotik.

Prebiotik sendiri merupakan senyawa nondestruktif oleh mikroorganisme alam usus. Menurut Jurnal Nature Reviews Gastroenterology & Hepatology, prebiotik memberik efek fisiologis yang menguntungkan bagi usus.

Hal ini dikarenakan prebiotik merupakan jenis serat makanan spesifik sebagai makanan untuk bakteri hidup dan sehat dalam usus. Pada dasarnya semakin banyak prebiotik yang dimiliki probiotik, akan membuat probiotik semakin efektif mendukung mikrobioma dalam usus.

 

Ditambah dengan biji-bijian

kacang
ilustrasi kacang/copyright Rawpixel

Mikrobioma usus sendiri bukan hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan saluran pencernaan, namun juga menjaga kesehatan kulit, jantung, dan otak.  

Untuk mendapatkan prebiotik yang tepat, bisa konsumsi suplemen prebiotik atau banyak makanan dengan serat tinggi yang kaya akan prebiotik. Seperti apel, pisang, asparagus, bawang putih, bawang merah, dan biji-bijian.

Lanjutkan Membaca ↓