Tubuh Bugar dan Berenergi dengan Tantangan Plank 4 Minggu

Karla Farhana13 Apr 2019, 15:00 WIB
[Fimela] Plank

Fimela.com, Jakarta Kekuatan core tidak hanya mengenai perut six-pack. Tetapi, core yang kuatn ditandai dengan tubuh bugar. Bukan hanya otot perut saja yang terbentuk, tetapi juga pelvic floor dan obliques pun juga terlatih. 

Selain itu, jika kamu memiliki core yang kuat, akan ada banyak manfaatnya untuk kesehatan seluruh tubuh dan kegiatanmu sehari-hari. Selain tidak akan mudah lelah dan pegal-pegal, orang yang otot core-nya kuat akan jauh dari gangguan sakit punggung saat mengangkat benda berat dan aktivitas sehari-hari lainnya. 

Ada banyak cara untuk melatih core. Selain sit-up, plank juga menjadi salah satu olahraga atau latihan yang sangat baik untuk melatih otot intimu. Selain itu, plank juga memiliki variasi dalam gerakannya, sehingga kamu tidak akan bosan. Variasi-variasi ini juga berguna untuk melatih core dan otot lain di sekitar tubuhmu. 

Untuk mendapatkan tubuh bugar dengan otot inti yang kuat, sebagai pemula kamu mungkin ingin melakukan perkenalan dulu dengan exercise ini. Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin langsung terjun ke arena gym dan mencoba 4 weeks plank challenge bersama teman-teman. 

Kenapa Harus 4 Minggu?

Plank
Beberapa gerakan olahraga sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh sesuai harapan.

Tantangan ini, dilansir dari Live Strong, merupakan sebuah tantangan sekaligus menjadi workout plan selama 4 minggu berturut-turut. Selama 4 minggu ini, kamu akan melakukan berbagai variasi plank. 

Plank bukan hanya mengenai otot inti dan perut saja, lho. Karena, olahraga ini sebenarnya melatih otot-otot lain. Bahkan, plank juga disebut dengan full-body exercise yang sangat ampuh meningkatkan kebugaran dan menguatkan otot. 

Lantas, kenapa harus dilakukan selama 4 minggu berturut-turut? Sebagai pemula, 4 minggu mungkin bukan hal yang mudah. Tetapi, Live Strong menulis, 4 minggu merupakan waktu yang tepat untuk membuatmu termotivasi dan menantang dirimu sendiri. 

Karena, butuh wakti sekitar 1 minggu untuk membuatmu terbiasa serta menjadikan plank ini bukan hanya sekadar 'paksaan' untuk berolahraga, tetapi juga rutinitas. Sementara 3 minggu merupakan waktu yang cukup untuk melihat perbedaan pada tubuhmu, terutama di bagian otot perut. 

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓