4 Sikap Kekanakan yang Bisa Melunturkan Keharmonisan Hubungan

Endah Wijayanti11 Apr 2019, 10:44 WIB
kekanakan

Fimela.com, Jakarta Menjaga keharmonisan hubungan perlu komitmen bersama. Bahkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan bersama pasangan juga bisa memberi dampak yang cukup signifikan terhadap keharmonisan hubungan. Kebiasaan yang tak sehat atau yang kekanakan pun bisa melunturkan keharmonisan hubungan.

Sekarang coba cek lagi, deh. Apakah selama ini kita dan pasangan masih memiliki kebiasaan ini dalam hubungan? Sebab kalau tak segera diperbaiki, hubungan bisa berada di ujung tanduk perpisahan.

1. Marah-Marah via Pesan Teks (Chat)

Kita memang hidup di era digital. Tapi bukan berarti marah-marah pun bisa dilakukan "secara digital" melalui pesan teks atau chat. Sebaiknya hindari bertengkar atau berdebatp via pesan teks ataupun telepon. Kalaupun ada masalah, sebaiknya dibicarakan dengan tatap muka agar bisa segera diselesaikan dengan baik.

2 of 3

2. Melanggar Janji dan Terjadi Berulang Kali

bertengkar dengan pasangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kalau setiap kali ada janji dibatalkan atau dilanggar tanpa sebab yang jelas, saatnya untuk segera memperbaiki kualitas hubungan sebelum terlambat. Janji yang terus dilanggar dan tanpa ada permintaan maaf atau usaha untuk memperbaiki keadaan hanya akan membuat hubungan jadi membuat kita tak nyaman lagi. Sebuah janji bisa melambangkan kepercayaan dan komitmen kita. Jadi kalau sering tidak dipenuhi karena sebab yang tak pasti, sama saja dengan menghancurkan kepercayaan dan komitmen yang ada.

3 of 3

3. Mengumbar Masalah dalam Hubungan di Media Sosial

Bertengkar
Ilustrasi./copyright: shutterstock

Sedang marahan dengan pasangan lalu kita mengumbarnya di media sosial, itu hanya akan memperburuk masalah yang ada. Mengumbar masalah dan drama hubungan di media sosial bisa dibilang kekanakan karena kita terlalu egois hanya memikirkan diri sendiri. Kalaupun ada masalah, apalagi yang sifatnya personal dan terlalu pribadi dalam ranah hubungan, sebaiknya diatasi dulu dengan pasangan kita. Sebisa mungkin hindari mengumbar setiap masalah di media sosial dan melibatkan orang-orang yang malah hanya akan memperburuk keadaan.

4. Tak Pernah Mau Meminta Maaf Saat Terbukti Salah

Bila melakukan kesalahan, bijaknya memang segera meminta maaf. Tapi kalau yang terjadi malah mencari kambing hitam dan menyalahkan keadaan, itu hanya akan membuat keharmonisan hubungan luntur. Baik kita maupun pasangan kita perlu membiasakan untuk berani dan mau meminta maaf bila melakukan kesalahan. Sehingga, keadaan bisa diperbaiki dan hubungan kembali berjalan dengan lebih baik lagi.

Bila ingin hubungan harmonis dan langgeng, kita dan pasangan harus sama-sama mengusahakan yang terbaik. Menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang bisa memberi rasa nyaman satu sama lain. Semoga hubungan yang kita miliki dan jalani hari ini bisa selalu harmonis dan langgeng selamanya, ya.

Lanjutkan Membaca ↓