Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Ciptakan Suasana Rumah Tenang dan Damai

Fimela.com, Jakarta Bagaimana perasaanmu ketika pulang ke rumah setelah seharian berada di situasi penuh tekanan di tempat kerja? Belum lagi di jalanan yang super macet atau kereta yang begitu penuh.

Tentunya ketika sampai rumah perasaan nyaman, senang, dan tenang langsung menghamprimu. Sebab, rumah semestinya menjadi ruang di mana sahabat Fimela dapat menemukan kedamaian dan ketenangan sehingga tubuh dan pikiranmu dapat terpulhkan agar kembali semangat menjalani aktivitas.

Seorang psikolog mengungkapkan adanya keterkaitan antara warna dan suasana hati seseorang. Warna dapat memiliki dampak yang sangat besar terhadap kondisi psikologis, emosional, fisik, dan bahkan kesehatan kita. Kombinasiwarna yang dipilih tentunya akan memberikan kekuatan yang luar biasa untuk menghadirkan suasana damai serta perasaan tenang dan nyaman di dalam rumahmu.

Selain itu, juga dapat membantu mengatasi tingkat stres yang miliki sehingga dapat menenangkan beban pikiran, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi tingkat kecemasan.

Melihat hal tersebut, dalam rangka merayakan Hari Kesehatan Dunia, para pakar warna Dulux telah menyusun beberapa daftar kombinasi warna yang paling menenangkan yang dapatdipilih untuk mengubah suasana rumahmu menjadi tenang, damai dan santai sehingga mampu membuat hidupmu menjadi lebih sehat dan bahagia.

Ruang keluarga sebagai tempat istirahat dan relaksasi

Warna pink pastel yang lembut dapat dipadupadankan dengan nuansa kuning madu yang khas dari warna Dulux Colour of the Year 2019 tentunya akan semakin membuat ruangan terasa lebih tenang dan damai. Pilihlah warna pink yang lembut dan menenangkan, karena warna-warna yang cerah juga dapat dipadukan dengan nuansa kuning madu untuk mendatangkan suasana santai dan energi positif ke dalam ruang keluargamu.

Tak hanya itu, penggunaan motif garis dengan warna gelap juga dapat memberikan kesan pada langit-langit untuk menghadirkan elemen struktural di dalam rumahmu,sementara penempatan kain katun dan linen yang sederhana juga mampu menciptakan suasana ruangan menjadi lebih santai.

Dapur bernuansa tenang dan timeless

Percaya atau tidak, warna pada dapur juga dapat mempengaruhi kebiasaan makanmu. Penggunaan warna cat tertentu bisa membangkitkan selera makan untuk penghuni rumah atau bahkan juga dapat mempengaruhi mood diet Anda. Gunakan warna Spiced Honey yang hangat sebagai titik fokus pada lemari dapurmu.

Selanjutnya, warna pastel hijau dan krim juga dapat dipilih untuk menghadirkan keseimbangan emosional serta kebiasaan makan yang sehat. Hiasi dapur dengan kayu berwarna pucat dan porselen halus untuk membuat suasana dapurmu semakin elegan.

Kamar tidur yang tentram

Sulit bagi kita untuk tidur dengan nyaman ketika mengalami stres, cemas atau marah. Tetapi jika kita merasa tenang, damai dan santai, tidur pun juga akan terasa sangat mudah. Pilihlah warna yang menenangkan untuk menciptakan suasana tidur yang kondusif.

Perpaduan nuansa karamel hangat yang khas dari Dulux Colour of the Year 2019 dengan perpaduanwarna abu-abu yang lembut dapat menjadi langkah penting yang mampu membuat kualitas tidurmu menjadi lebih baik. Gunakan seprai putih bersih serta karya seni yang simpeluntuk melengkapi tampilan sederhana dan santai pada ruang kamar tidur.

Kamar anak yang lembut dan menyenangkan

Pastikan memilih warna yang tepat untuk tetap menjaga kenyamanan kamar tidur anak. Warna yang pilih harus bisa saling melengkapi dan sejajar dalam skema warna (color wheel), karena penggunaan warna yang kontras dapat merangsang mata dan pikiran anak-anakmu.

Penggunaan palet yang indah ini dapat dipadukan dengan baik bersama dengan warna mauve-pink dan abu-abu lembut dengan garis pembatas untuk memberikan kesan berwarna Spiced Honey sehingga mampu memberikan ketenangan serta menciptakan suasana tidur terbaik bagi sang anak.

Itu dia beberapa trik membuat rumah nyaman dengan dekorasi ruangan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading